Bagaimana Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2?

Spartacks Cyber, Padang, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan sinyal kepada PSSI agar menggulirkan lagi kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia.

Kepastian tersebut didapat setelah ada pertemuan antara Menpora Zaenudin Amali dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor Menpora,  Jumat (22/5/2020).

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa topik  dibahas oleh Zainudin Amali dengan Iriawan, satu di antaranya kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Menurut Zainudin, pihaknya sudah mendapatkan instruksi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar bisa hidup berdampingan dengan pandemi virus Corona atau Covid-19.

Seluruh aktivitas masyarakat termasuk kegiatan olahraga bisa berjalan beriringan namun tetap memerhatikan protokoler kesehatan  ketat.

“Tapi, pemerintah sudah menegaskan, kita harus hidup berdampingan dengan Corona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat,” kata Zainudin.

“Tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya: kita harus tetap produktif  saat pandemi,” katanya lagi.

Kendati demikian, kedua pemimpin tersebut masih tetap menunggu keputusan lanjutan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai status tanggap darurat hingga 29 Mei 2020.

Setelah ada keputusan lanjutan, Menpora dan PSSI akan menentukan sikap lanjutan yang nantinya diterapkan langsung di lapangan.

Zainudin menuturkan, dirinya sudah mendengar kabar permintaan dari klub-klub di Indonesia yang menginginkan kompetisi dihentikan.

Namun, jika kompetisi harus dihentikan akan berdampak besar kepada Timnas Indonesia yang akan menghadapi beberapa agenda besar  tahun 2020 dan 2021.

“Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas?” katanya.

“Kita tahu timnas senior Oktober akan main di Pra Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA,” ucap Zainudin.

Namun, jika kompetisi harus dihentikan akan berdampak besar kepada Timnas Indonesia yang akan menghadapi beberapa agenda besar  tahun 2020 dan 2021.

“Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas?” katanya.

“Kita tahu timnas senior Oktober akan main di Pra Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA,” ucap Zainudin.

Timnas U-16 di Piala AFC dan Timnas U-19, dan melakukan persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Nantinya, Menpora dan PSSI akan terus berkoordinasi membahas perkembangan terbaru kondisi dan langkah ke depan yang akan diambil setelah ada keputusan lanjutan dari BNPB.

Selain membahas mengenai kelanjutam kompetisi, PSSI turut melaporkan perkembangan terbaru mengenai pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia.

Iriawan mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan induk sepak bola di dunia, FIFA mengenai persiapan dan rencana ke depan yang akan dikerjakan.

Selain itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu turut memberikan perkembangan terbaru persiapan Timnas Indonesia U-19 sebelum terjun di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Saat ini, Timnas U-19 sudah mulai menjalani serangkaian agenda pemusatan latihan secara virtual dan dipimpin langsung manajer pelatih Shin Tae-yong.

“Kami terus berkoordinasi dengan FIFA terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021, termasuk menyiapkan ‘Business Plan’. Demikian pula mengenai kesiapan tim nasional U-19 yang tahun depan akan bertanding di ajang itu,” kata Iriawan.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul PSSI Gelar Pertemuan dengan Menpora, Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Berpeluang Dilanjutkan?, https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/23/pssi-gelar-pertemuan-dengan-menpora-kompetisi-liga-1-dan-liga-2-berpeluang-dilanjutkan?page=2.
Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Intan Ungaling Dian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.