Semen Padang FC v Persita: Wajib Waspadai Mantan

Tuan rumah Semen Padang FC yang akan menjamu Persita Tangerang di Stadion H Agus Salim Padang dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014, malam ini (9/3), wajib waspada pada satu nama. Dia adalah Head Coach Persita Tangerang Arcan Iurie, mantan pelatih Semen Padang FC.

Sebab, di Indonesia Premier League (IPL) musim lalu, Arcan yang ketika itu menukangi Perseman Manokwari mampu menaklukan Kabau Sirah—julukan Semen Padang. Tak tanggung-tanggung Kabau Sirah yang dominan pada kompetisi itu ditaklukan dengan skor 3-1. Ini adalah kekalahan satu-satunya yang diderita Semen Padang pada musim tersebut.

“Kami akan selalu waspada dengan segala kemungkinan. Persita tim bagus. Contohnya, mereka mampu membuat repot Persib Bandung, meski pada akhirnya kalah 2-1 bulan lalu,” ungkap Asisten Pelatih Teknik Semen Padang FC Welliansyah kepada Padang Ekspres, kemarin (8/3).

Tapi, sambungnya, Semen Padang tahun lalu berbeda dengan yang saat ini. “Dulu dia mengenal beberapa pemain kunci kami seperti Edward Wilson Junior. Tapi, saat ini Edward Wilson Junior sudah tidak ada, dan kami banyak pemain baru. Jadi ini akan jadi pembedanya,” sebut Welli.

Ya, Arcan Iurie memang pernah membesut tim kebanggaan urang awak ini pada kompetisi Divisi Utama 2009/2010. Saat itu, pelatih berkebangsaan Moldova tersebut membawa Semen Padang promosi ke ISL. Saat diwawancarai menjelang latihan di Stadion H Agus Salim tadi malam, dia pun mengaku tidak akan pernah melupakan momen-momen indah selama di Padang.

“Tapi, itu tidak akan mempengaruhi persiapan yang telah kami lakukan untuk melawan Semen Padang. Saya juga tidak peduli atas kemenangan saya musim lalu atas tim ini. Saat ini semuanya sudah berbeda. Kami butuh poin di laga ini. Itu yang akan kami usahakan untuk mendapatkannya,” kata Arcan.

Hal tersebut tentunya sebuah sinyal, bahwa laga ini akan berlangsung sengit. Apalagi kedua tim membutuhkan kemenangan untuk mendongkrak posisi mereka di klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) 2014 Wilayah Barat.

Kabau Sirah saat ini berada di peringkat lima dengan poin tujuh dari empat kali main. Kemenangan akan membuat mereka minimal bisa bertahan di peringkat tersebut. Dan bisa pula menembus peringkat empat klasemen sementara, bila dua tim di atasnya, Persija dan Persib, pada hari yang sama kalah atas lawan-lawannya.

Sementara itu Pendekar Cisadane—julukan Persita—membutuhkan kemenangan, untuk menghindari jurang degradasi, yang mana beda poin mereka dengan tim yang kini berada pada zona tersebut, hanya dua poin.

Untuk itu, Arcan pun mempersiapkan pemainnya untuk bermain menyerang. “Ini sepakbola. Saya tidak akan letakkan 10 batu besar di depan gawang kami, supaya Semen Padang tidak bisa mendapatkan gol,” ujarnya.

Novan masih Diragukan

Pada laga nanti, Semen Padang FC kemungkinan tidak akan diperkuat bek kiri Novan Setya Sasongko. Pasalnya, pemain nomor punggung dua itu baru saja kembali membela Indonesia di Praklualifikasi Piala Asia beberapa hari lalu dan baru kembali ke Padang.

“Tadi sore dia sudah latihan. Dia juga sudah mandi es agar kondisi fisiknya segera pulih. Tapi, kami akan memastikannya besok pagi (hari ini, red),” sebut Welliansyah.

Bila Novan dinilai tidak bugar, kemungkinan besar posisinya akan diisi Seftia Hadi. Ini terlihat dari latihan yang dilalui Kabau Sirah dalam beberapa hari terakhir.

Untuk posisi lainnya, kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan dua laga sebelumnya. Kiper masih akan dipercayakan kepada Fakhrurrazi. Selain Seftia Hadi, lini belakang akan diisi, Hengki Ardiles, David Ngan Pagbe dan Saepuloh Maulana.

Sedangkan lini tengah akan diisi Jajang Paliama dan Eka Ramdani sebagai gelandang jangkar, Esteban Vizcarra di kiri, Hendra Bayaw di kanan, Ezequiel Gonzales sebagai penyerang lubang dan Airlangga Sucipto sebagi striker tunggal dalam formasi 4-3-2-1. (Padang Ekspres)

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *