Pelatih Persiba: Wasit Mencederai Pertandingan!

Juru taktik dari Persiba Balikpapan sesali keputusan wasit dalam laga melawan Persipura Jayapura.

Pelatih dari Persiba Balikpapan Jaya Hartono mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit Ahmad Suparman yang memimpin laga Persipura Jayapura kontra Persiba Balikpapan di stadion Mandala, Jayapura, Kamis (20/2) sore.

Ia menilai laga sebenarnya berlangsung menarik dan bagus, namun keputusan wasit mencederai pertandingan. Termasuk membuat klub berjuluk Beruang Madu tersebut harus dirugikan dengan penalti kontroversial di menit akhir.

Terdapat pula keputusan yang jelas keliru dari sang pengadil, ketika Dominggus Fakdawer memukul Fernando Soler usai menimpa dirinya di menit ke-87. Wasit hanya melayangkan kartu kuning kepada Fakdawer meski jelas memukul Soler.

“Jalannya pertandingan sebenarnya bagus. Namun harus dicederai dengan kepemimpinan wasit yang ngaco. Wasit seperti tidak menerapkan peraturan,” papar Jaya Hartono ketika dihubungi wartawan, Kamis (20/2).

“Pemukulan terhadap pemain (Fernando Soler) hanya dapat kartu kuning, yang seharusnya tidak handsball jadi handsball,” ungkapnya kecewa.

Ya, dalam tayangan ulang memang bola terlihat mengenai pinggul Arifki Eka Putra bukan mengenai tangan, dan keputusan penalti di menit-menit akhir sontak membuat Persiba merugi karena telah berjuang keras untuk mencuri poin dari Persipura.

“Sangat memalukan sepakbola kita. Bagaimana mau maju kalau wasit seperti ini, mau jadi apa coba sepakbola kita,” ungkap Jaya menyesalkan situasi.

Jaya juga berujar bahwa protes soal kepemimpinan wasit akan coba dilayangkan sesegera mungkin, menunggu langkah manajemen.

“Kami tentu akan mengajukan protes dalam waktu dekat kepada PT Liga Indonesia dan Komite Wasit. Ini sangat keterlaluan dan harus ditindaklanjuti,”

Perlu diketahui bahwa Persipura memainkan tiga pemain yang mendapat hukuman skorsing dari Komisi Disiplin imbas dari tingkah laku buruk di laga kontra Mitra Kukar. Pemain tersebut adalah Ruben Sanadi, Gerald Pangkali, dan Ian Louis Kabes yang mencetak gol penalti di laga melawan Persiba.

Surat hukuman dari Komdis sendiri menerangkan bahwa hukuman berlaku sejal 19 Februari 2014. (Goal Indonesia)

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Satu tanggapan untuk “Pelatih Persiba: Wasit Mencederai Pertandingan!

  • 21 Februari 2014 pada 23:20
    Permalink

    Untuk komite wasit tolong seleksi yg wasit yg berbobot.jangan pilih wasit yg abal2

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *