Jelang Semen Padang FC vs Sriwijaya FC: Balas Kekalahan di Jakabaring!

Jandia Eka Patra

Pada pertemuan sebelumnya di putaran pertama Indonesia Super Liga musim ini, tuan rumah Sriwijaya FC berhasil mengalahkan Semen Padang FC 5 gol tanpa balas. Makanya, menjamu Laskar Wong Kito pada Selasa [8/3/2011] sore ini, Kabau Sirah harus meraih poin penuh jika ingin mengamankan posisi papan atas selama putaran kedua ini. Apa lagi pada laga sebelumnya, SPFC hanya berhasil mengamankan satu poin pada saat menjamu Persib, Sabut [5/3/2011] kemarin.

Kekalahan di Jakabaring itu merupakan kekalahan terbesar Semen Padang pada musim ini, dan merupakan suatu tamparan mengingat julukan “Kuda Hitam” yang disandangnya. Bagaimanapun juga, Nil Maizar harus mempersiapkan anak asuhnya sebaik mungkin untuk menghadapi Sriwijaya. Apalagi, Sriwijaya diperkirakan membawa motivasi yang tinggi juga usai dikalahkan Pelita Jaya dengan skor tipis 1 – 0 di Singaperbangsa.

Nil, sapaan akrab pelatih muda asal Payakumbuh ini, tetap optimis anak asuhnya bisa memenangkan pertarungan nanti. “Anak-anak siap bertarung. Secara mental tentu kami siap luar dalam dan motivasi anak-anak untuk menebus lima gol yang bersarang ke gawang  kami pada laga pertama menjadi motivasi tersendiri bagi kami,” kata Nil Maizar seperti yang dilansir Goal.com, Senin maalam [7/3/2011].

Nil juga tidak mempermasalahkan hasil kurang memuaskan yang dicapai anak asuhnya pada laga melawan Persib. “Sekarang kita fokus pada Sriwijaya FC, karena kami membutuhkan kemenangan pertama di putaran kedua ini untuk menjaga spirit anak-anak,” tambahnya.

Satu hal yang perlu diwaspadai, walaupun secara peringkat klasemen ISL, Sriwijaya menempati posisi dibawahSemen Padang, namun mereka pemain level atas, baik pemain asing maupun pemain lokal yang rata-rata sudah mengenyam pengalaman di timnas. Disamping itu, Sriwijaya FC jga mempunyai pelatih sekaliber Ivan Kolev yang pernah menangani Timnas Indonesia.

“Kita sangat respek pada mereka, karena mereka adalah tim yang pantas disegani karenba kiprah mereka selama ini. Tapi kita harapkan, dengan bermain dibawah dukungan penonton sendiri, kita bisa memberikan perlawan maksimal untuk mereka. Semoga hasil akhirnya sesuai dengan keinginan kita,”kata Nil lagi.

Tapi yang sangat disayangkan, kemungkinan starting eleven yang akan diturunkan nanti tidak akan jauh berbeda dengan laga melawan Persib. Hal ini bisa dimaklumi karena memang tim inti terlihat sudah cukup solid. Namun, bagaimanapun juga rotasi pemain juga dibutuhkan, apalagi pola permainan Semen Padang yang hampir sama di setiap laga semenjak putaran pertama sudah terbaca oleh tim lawan.

Hanya kiper muda anak nagari, Jandia Eka Putra yang saat ini masih cidera ringan pada waktu melawan Persib, dan diragukan bisa tampil nanti sore. Namun, Nil telah mempersiapkan dua kiper lainnya, yaitu Samsidar dan Dicky Jamalis jika Jandia benar-benar tidak bisa diturunkan.

Semen Padang harus meraih angka penuh untuk mempertahan posisi sebagai runner-up sementara, karena Arema Indonesia – peringkat ketiga – baru saja dipermalukan tuan rumah Persipura dengan skor telak 6 – 1.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *