Ini Dia Peserta Liga Super Indonesia (ISL) 2014

PSSI telah menetapkan peserta Liga Unifikasi (Liga Super Indonesia – ISL) musim 2014 sebanyak 22 tim dengan format kompetisi dua wilayah.

Spartacks Cyber. Setelah sekian lama mengalami penundaan, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia akhirnya mengumumkan jumlah peserta, format kompetisi dan tanggal dimulainya Liga Unifikasi musin 2014. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI Joko Driyono kepada wartawan di kantor PT Liga Indonesia, Jakarta Senin 23 Desember 2013.

Liga Unifikasi tetap bernama Liga Super Indonesia (ISL) dengan peserta sebanyak 22 tim yang akan mulai digulirkan pada 1 Februari 2014. “Kami sudah memutuskan 22 klub untuk musim depan. Dengan begitu kami juga telah tetapkan format kompetisi menjadi dua wilayah yaitu barat dan timur dengan masing-masing wilayah 11 klub,” ungkap Joko. Joko juga menjelaskan, pertimbangan terkait keputusan membagi kompetisi menjadi dua wilayah tersebut adalah faktor geografis, efisiensi, dan siaran televisi.

“Kami masih mempertimbangkan untuk klub di Jawa Timur dan Kalimantan. Ada opsi sebanyak 2-3 klub di Jawa Timur akan masuk ke wilayah Barat, asalkan klub di Kalimantan pindah ke wilayah Timur. Atau sebaliknya. Kami akan menetapkan dalam gruping nanti,” tambah Joko.

“Kompetisi akan berlangsung dalam empat fase, yaitu fase grup stage dengan sistem pertandingan home and away. Lalu ke fase 8 besar dengan home and away. Peserta di babak 8 besar terdiri dari empat tim terbaik dari masing-masing wilayah. Dua tim terbaik dari dua masing-masing wilayah akan masuk ke semi final yang dalam dua pool. Dua tim terbaik akan lolos ke final yang dilakukan dengan sistem home and away,” lanjut Joko.

PSSI juga menetapkan setiap klub boleh menggunakan empat orang pemain asing, dengan aturan 3 non Asia dan 1 Asia. Namun dalam satu pertandingan, setiap klub maksimal boleh menurunkan tiga pemain asing.

Berikut 22 Klub Peserta Kompetisi ISL 2014:

Semen Padang FC, Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persiba Bantul, Persijap Jepara, Persik Kediri, Persela Lamongan, Arema Cronous, Gresik United, Persebaya, Persepam Madura United, Putra Samarinda, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Barito Putera, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Satu tanggapan untuk “Ini Dia Peserta Liga Super Indonesia (ISL) 2014

  • 28 Desember 2013 pada 03:30
    Permalink

    Sayang hanya ada satu wakil dari Sulawesi, dan peserta banyak numpuk di Jawa Timur. Ini artinya pemerataan pembinaan sepakbola di Indonesia belum baik.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.