Penentuan Juara IPL 2013 Ditentukan Lewat Playoff

Spartacks Cyber. Setelah dikeluarkannya keputusan Komisi Eksekutif PSSI tertanggal 28 September 2013 yang lalu, yaitu tidak mengakui hasil pertandingan Indonesian Premiere League dan Divisi Utama musim 2013 karena dianggap tidak memenuhi syarat sebagai sebuah liga. Keputusan itu diambil setelah Komisi Disiplin (Komdis) PSSI meminta PT. LPIS selaku pengelola liga untuk melakukan penyesuaian peserta kompetisi, penyesuaian klasemen dan jadwal pertandingan, namun tidak dapat dipenuhi. Berdasarkan keputusan tersebut, pada tanggal 2 Oktober 2013 PSSI mengundang semua peserta kompetisi IPL untuk duduk bersama membicarakan kelanjutan dari kompetisi. Pertemuan tersebut selain membahas penghentian kompetisi IPL juga membahas mengenai unifikasi liga.

Hasil pertemuan tersebut adalah, proses unifikasi liga Indonesia musim 2014, empat klub IPL akan digabung dengan 18 klub Indonesia Super League (ISL) melalui tahap play off kemudian verifikasi. Terdapat 10 klub IPL yang diberi kesempatan melakukan play off, kecuali Semen Padang FC yang mendapatkan wild card serta Persebaya dan Arema yang dianggap masih mengalami dualisme, serta Persema, Persibo dan Jakarta FC yang telah didiskualifikasi pada awal putaran kedua IPL 2013. Pemberian wild card untuk Semen Padang FC sendiri dilakukan oleh PSSI dengan alasan faktor historis dan prestasi tim Kabau Sirah.

“Antara lain, Semen Padang selalu bermain di liga resmi yang diakui PSSI. Sebelum pindah ke IPL, Semen Padang merupakan salah satu peserta ISL 2010-2011. Selain itu, Semen Padang merupakan juara bertahan liga resmi tahun 2011-2012, saat ini masih di puncak klasemen IPL serta mewakili Indonesia di kancah Asia sampai babak perempat final AFC Club,” jelas Ronny J. Suhatril, media officer Semen Padang FC.

Play off IPL yang akan dilaksanakan pertengahan Oktober tersebut, selain untuk menyaring tim yang berhak diverifikasi oleh PSSI untuk mengikuti unifikasi liga, ternyata juga dilakukan untuk penentuan juara IPL 2013. “Kami telah menjadwalkan pertandingan babak playoff. Pertandingan akan dilangsungkan pada 13 atau 16 Oktober 2013. Juara dari masing-masing grup akan bertemu. Pemenang di laga itu akan bertemu Semen Padang, kemungkinan pada 2 November 2103. Pemenang di laga melawan Semen Padang merupakan juara IPL,” beber Sekjen PSSI, Joko Driyono.

“Jadi total ada enam klub. Semen Padang tidak mengikuti babak playoff, karena mendapatkan wild card. Enam klub ditambah Semen Padang akan mengikuti tahap verifikasi. Dalam tahap verifikasi, setiap klub harus memenuhi syarat lisensi klub profesional,” sambungnya.

Untuk pembagian grup play off, Grup K terdiri dari Persijap Jepara akan bersaing dengan Pro Duta, PSM Makasar, Bontang FC, dan PSLS Lhokseumawe, pertandingan dilaksanakan di Gelora Bumi Kartini, Jepara. Sedangkan grup L terdiri dari Persiba, PSIR, Perseman, Persepar, dan Persiraja, pertandingan dilaksanakan di stadion Sultan Agung, Bantul.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *