Comeback luar biasa, Kabau sirah ke Final Piala Indonesia

Spartacks cyber – Semen Padang akhirnya melaju ke babak puncak Piala Indonesia (PI) setelah menundukkan Persebaya 3-0 dalam semifinal kedua di Stadion H Agus Salim, Padang, Rabu (27/6) malam. Tuan rumah unggul agregat 3-2, karena pada semifinal pertama di Surabaya pekan lalu mereka kalah 0-2.

Laga Semen Padang vs Persebaya di semifinal Piala Indonesia 2012 berlansung ditengah guyuran hujan

Tiga gol Semen Padang ke gawang Persebaya dilesakkan Ferdinand Sinaga di masa injury time babak pertama, Vendri Mofu menit ke-52, dan Elie Aiboy menit 68. Pada babak final yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (7/7) mendatang, Semen Padang bakal bertemu dengan Persibo.

Tim asal Bojonegoro itu sore tadi mengalahkan PPSM Magelang 3-1, sehingga secara keseluruhan mereka unggul agregat 5-2. Semen Padang pun berpeluang mengawinkan gelar PI dengan Indonesian Premier League (IPL) yang telah mereka kunci sebelumnya dengan poin 43.

Laga Semen Padang kontra Persebaya diwarnai gerimis yang mengguyur Stadion Agus Salim sejak menit-menit awal. Tuan rumah langsung tampil menyerang, sedangkan Persebaya yang main tanpa Fernando Soler cenderung menunggu di daerahnya sendiri. Selama 20 menit awal babak pertama, tercatat tiga kali shoot on goal dilakukan anak-anak Kabau Sirah. Namun kiper Persebaya Endra Prasetya belum bisa ditaklukkan.

Berulang kali Endra melakukan penyelamatan gemilang, termasuk saat menepis tandukan Elie Aiboy di menit ke-23. Hujan membuat kedua tim tidak bisa menurunkan penampilan terbaiknya. Aliran bola pun tidak lancar. Hingga setengah jam babak pertama bergulir, Semen Padang sukses mengurung Persebaya. Banyak kemelut yang terjadi, namun kiper Endra Prasetya menjadi tembok yang sukar dibendung.

Endra kembali melakukan penyelamatan gemilang saat memotong umpan crossing Elie di menit ke-34. Di sisa 10 menit, Semen padang mengunci permainan. Mereka membuat Persebaya bermain setengah lapangan. Memasuki menit akhir, Semen Padang tetap mendominasi. Upaya Semen Padang akhirnya berbuah di menit 45 + 1. Adalah Ferdinand Sinaga yang sukses menaklukkan kiper Endra Prasetya. Skor 1-0 untuk Semen Padang menutup babak pertama.

Semen Padang yang membutuhkan kemenangan 3-0 tidak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka memasukkan Yu Hyun Ko menggantikan M Rizal. Masuknya Yu menjadi sinyal bahwa tim besutan Suhatman Iman akan bermain lebih agresif. Strategi menyerang Semen Padang berbuah gol kedua di menit ke-52. Giliran Vendry Mofu yang menjebol gawang lawan.

Skor berubah menjadi 2-0. Dengan demikian agregat menjadi imbang 2-2. Jika ingin lolos ke final, maka Kabau Sirah harus bisa mencetak gol lagi dan menjaga gawang Samsidar agar tetap bersih. Elie Aiboy dan Esteban Viscarra menjadi motor serangan Kabau Sirah. Sedangkan untuk menambah daya serang, pelatih Persebaya Divaldo Alves memasukkan Andik Vermansyah.

Andik sempat mendapat peluang di menit ke-64, namun bola masih dapat diamankan Hengki Ardiles. Masuknya Andik membuat Persebaya tampil lebih menggigit. Hanya saja pertahanan Semen Padang yang dikomandoi Abdul Rahman bermain sangat disiplin dan sukar ditembus.

Ketika asyik menyerang, gawang Endra justru kembali jebol di menit ke-68. Kali ini gol Semen Padang dicetak Elie Aiboy. Persebaya lantas memasukkan Rendi Irawan sebagai upaya terakhir untuk mencetak gol penyamaan kedudukan. Namun hingga peluit panjang ditiup skor 3-0 tidak berubah. “Alhamdulillah berkat kerjas keras pemain akhirnya kita mampu mengalahkan Persebaya dengan skor meyakinkan,” kata Suhatman Iman usai laga.

Tentang Persibo yang akan dihadapi di partai final, pelatih yang menggantikan posisi Nil Maizar itu mengakui lawan tidak bisa dianggap remeh. “Aura final jelas berbeda dengan pertandingan malam ini. Tim yang lolos tentu ingin menampilkan permainan terbaik, begitu juga kami. Dengan dukungan warga Padang dan Sumbar pada umumnya, semoga saja Semen Padang nanti mampu meraih hasil terbaik,” harap Suhatman.

Haris Tamsin

Just SPARTAN and MUFC Die Hard Fans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.