Kalahkan Persibo, Semen Padang FC Kembali Capolista

Spartacks Cyber. Semen Padang FC berhasil membawa pulang 3 poin penuh menghadapi Persibo Bojonegoro dengan kemenangan 4-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul 8 April 2012 dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL). Kemenangan tersebut mengantarkan kembali Kabau Sirah ke posisi puncak klasemen dengan raiahan 21 poin dari 12 kali bertanding, sedangkan Persibo harus rela turun ke posisi kedua dengan 20 poin dari 12 kali berlaga.

Laga ini seharusnya berlangsung di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro, namun terpaksa dipindahkan ke Bantul karena tidak mendapatkan izin keamanan dari kepolisian Bojonegoro.

Pertarungan dua tim papan atas tersebut berlangsung menarik terutama pada babak pertama. Pertandingan baru berjalan 3 menit, ujung tombak Semen Padang, Edward Wilson Junior berhasil menjebol gawang Fauzi Toldo dan merubah kedudukan menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu. Selang sepuluh menit tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan manjadi 1-1 melalui gol yang dicetak oleh Gustavo Hernan.

Pertandingan menjadi lebih seru ketika pada menit ke 15 Ferdinand Sinaga kembali menaklukan penjaga gawang Laskar Angling Dharma dan merubah kedudukan menjadi 1-2 untuk Semen Padang. Menit ke 34 Persibo kembali menyamakan kedudukan melalui kaki Jairon Feliciano. Tidak lama berselang Ferdinand Sinaga kembali menambah koleksi gol-nya dan membawa Kabau Sirah kembali unggu 2-3. Kedudukan ini bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persibo mencoba mengejar ketertinggalan. Usaha mereka hampir berhasil ketika pada menit ke 75 Samsul Arif berhasil merobek gawang Jandia Eka Putra, namun gol tersebut dianulir wasit karena terlebih dahulu berada di posisi offside. Baru pada masa injury time Semen Padang berhasil menambah gol melalui gol kedua Edward Wilson Junior. Gol tersebut membawa Edu memimpin daftar pencetak gol terbanyak IPL dengan 8 gol.

Menanggapi kemenangan tersebut, pelatih kepala Semen Padang Nil Maizar mengatakan, kunci kemenangan timnya adalah bermain sesuai instruksi pelatih dan berjuang sampai akhir pertandingan. “Persibo merupakan tim yang sulit dikalahkan. Namun dengan spirit pantang menyerah akhirnya kami bisa menang,” tutur Nil usai pertandingan.

Manajer Semen Padang Asdian menambahkan, laga melawan Persibo berjalan menarik dan enak ditonton karena didukung lapangan yang baik. Kedua tim juga sama-sama memeragakan permainan menyerang. “Akhirnya kami bisa ke posisi puncak kembali dan ini juga merupakan modal penting sebelum menghadapi Persebaya di Padang tanggal 14 April nanti,” kata Asdian.

Pelatih Persibo Paulo Camargo mengakui materi timnya memang kalah kualitas dibanding lawan. Apalagi tim asal Bojonegoro itu tampil tanpa sejumlah pemain intinya, antara lain Mekan Nasirov dan top skor sementara Persibo M Nur Iskandar. “Mereka lebih solid, materi pemainnya lebih komplet. Sedangkan kami kehilangan beberapa pemain inti. Selain itu sebagian besar pemain Persibo masih berusia di bawah 23 tahun,” kata Camargo.

Di samping itu dia memuji kecepatan gelandang dan pemain depan Semen Padang yang membuat bek Persibo keteteran. Kata Camargo, gol-gol lawan terjadi karena bek Persibo kalah speed dengan Edward Wilson maupun Ferdinand Sinaga. “Saya berharap para pemain tidak terlalu larut dalam kesedihan. Perjalanan masih panjang, masih banyak pertandingan luar kandang yang harus dijalani Persibo,” ujar Camargo.

Khusus untuk Edward Wilson Junior, tambahan dua gol ke gawang Persibo itu mengantarkan dirinya ke puncak daftar top skor IPL. Pemain asal Liberia itu mengoleksi delapan gol, mengungguli Emile Mbamba (Persema), Nur Iskandar (Persibo), dan Ferdinand Sinaga (Semen Padang) yang sama-sama mengantongi tujuh gol. (*)

Susunan Pemain

Persibo: Fauzi Toldo, Hari Syahputra/Sigit Meiko (46), Lexe Anderson, Aang Suparman, Novan Setia, Edi Sibung Sukamto, Jajang Paliama/Dian Irawan (65), Gustavo Hernan Ortiz, Syahroni/Wahyu Teguh (57), Samsul Arif, Jairon Feliciano. Pelatih: Paulo Camargo.

Semen Padang: Jandia Eka Putra, Hengky Ardiles, Abdul Rahman, Saepuloh, Slamet Riyadi, Yu Hyun Koo, Vendry Mofu/M Rizal (78), Elie Aiboy/Mustofa Aji (57), Esteban Vizcara, Edward Wilson Junior, Ferdinand Sinaga/Joshua Pahabol (81). Pelatih: Nil Maizar.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *