Semen padang akan bangun Stadion Azwar Anas

Spartacks cyber – PT.Semen Padang siap membangun stadion megah dengan kapasitas minimal 30 ribu penonton di Kota Padang. Untuk mewujudkan hal itu, mereka mengajak kerjasama pemerintah Kota Padang, khususnya soal penyediaan lahan. Sedangkan soal nama, Stadion Azwar Anas sudah mulai disebut-sebut.

Rencana pembangunan stadion ini memang sudah cukup sering diapungkan PT. Semen Padang. Sebagai “pemilik” klub profesional Semen Padang FC, mereka melihat, Stadion H. Agus Salim yang jadi home base sudah tak lagi representatif untuk sebuah pertandingan liga profesional.
Hanya saja, rencana Semen Padang membangun stadion selalu terkendala soal lahan. Karena itu, dengan mengajak Pemko Padang bekerjasama untuk memfasilitasi lahan pembangunan, PT. SP berharap ide tersebut bisa segera diwujudkan. “Bila Pemko Padang bisa memfasilitasi lahan minimal lima hektar maka stadion megah siap kita bangun,” tegas direktur produksi PT. Semen Padang, Toto Sudibyo, Selasa (7/2).

Menurut Toto, perlunya pembangunan stadion yang lebih megah dan representatif dari Stadion H. Agus Salim, dikarenakan kebutuhan sarana serta fasilitas yang sudah sangat mendesak. Apalagi Agus Salim sudah tidak mungkin lagi diperbesar karena arealnya sudah tidak cukup untuk itu.

“Pembangunan stadion lebih besar mesti dipikirkan. Kita malu juga dengan provinsi tetangga. Mereka kini telah memiliki tiga stadion yang megah. Sementara kita masih itu-itu saja sejak 1985,” kata Toto, yang juga komisaris utama PT. Kabau Sirah Semen Padang itu.

Dikatakannya, rencana pembangunan ini sudah pernah dibahas dengan wakil walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Direncanakan dalam waktu dekat pembicaraan lanjutan akan dilakukan. “Kta harus bicarakan lagi lebih detail dengan Pemko, karena semuanya harus jelas. Mulai dari soal lahan, pembangunan, biaya, status kepemilikan, serta hitung-hitungan lainnya,” ulas Toto kepada GOAL.com Indonesia.

Kemudian soal nama stadion, usulan yang banyak datang adalah Stadion Azwar Anas. Walau itu baru sebatas usulan, tapi cukup masuk akal.”Nama itu, menurut saya, cukup pas. Kiprah serta kontribusi Azwar Anas di dunia sepakbola sudah terlihat. Beliau mantan Ketua PSSI, mantan Dirut PT SP dan juga mantan Gubernur Sumbar yang sangat berjasa membangun daerah ini. Jadi menurut saya, Stadion Azwar Anas adalah nama yang cocok,” jelasnya.

Sementara itu, pemko Padang juga menyambut baik ide tersebut. Bahkan Wawako Mahyeldi berjanji akan berupaya mencarikan lahan. “Ide dari PT SP itu sangat kita dukung tentunya. Kita akan upayakan secepatnya mencarikan areal itu,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, lahan dimaksud idealnya adalah di kawasan by pass Air Pacah, sekitar 15 km dari pusat Kota Padang. Kawasan yang rencananya menjadi pusat kota masa depan itu sangat terbuka dan ideal untuk pembangunan stadion baru.

Rencana Pemko Padang membangun pusat pemerintahan kota ke daerah itu, diperkirakan masih menyisakan lahan sekitar 30 hektar. “Lahan pembangunan stadion paling tidak dibutuhkan lima hektar. Artinya, ketersediaan lahan masih sangat mencukupi,” kata Wawako dari Partai Keadilan Sejahtera ini.

Haris Tamsin

Just SPARTAN and MUFC Die Hard Fans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *