Review: Classy Sport With Spartacks 13 Januari 2012

SPARTACKS RANTAU ITU GIMANA SIH?
“SPARTACKS tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana”, slogan tersebut telah lahir sejak supporter Semen Padang FC ini berdiri. Walaupun saat ini belum seluruh wilayah Indonesia memiliki perwakilan SPARTACKS, namun setidaknya hampir setiap kota yang memiliki tim sepakbola yang tergabung di kasta tertinggi liga Indonesia telah berdiri jorong (koordinator wilayah) SPARTACKS. Hal ini juga membuat kehadiran SPARTACKS di setiap laga Semen Padang FC baik kandang maupun tandang dapat direalisasikan.
Beberapa daerah luar Sumatera Barat yang telah berdiri jorong SPARTACKS diantaranya Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Pangkal Pinang, Jambi, Lampung, Banten, Jabodetabek, Bandung, Karawang-Cikampek, Semarang, Solo, Jogjakarta, Bojonegoro, Malang, Surabaya, Kalimantan Timur dan Makassar. Sedangkan daerah-daerah yang dalam tahap perintisan adalah Palembang, Bali, Pontianak, Jayapura dan Wamena.
Berbeda dengan SPARTACKS yang ada di Sumatera Barat, Jorong-jorong luar Sumatera Barat memiliki ciri khas masing-masing baik dari segi struktur, sistem koordinasi maupun sistem keanggotaannya, namun tetap satu koordinasi dengan pengurus pusat yang ada di Kota Padang.
Classy : Mungkin Bisa memperkenalkan diri dan beri sedikit informasi mengenai jorong kalian.
Olid : Kami dari SPARTACKS Tatar Sunda yang mencakup kawasan kota Bandung, Kab. Bandung dan sekitarnya. Jorong tatar Sunda merupakan jorong pertama diluar Sumatera Barat yang berdiri. Yang hingga saat ini anggotanya sudah mencapai 100 orang lebih. Kami memakai sistem kekeluargaan tanpa kasta ataupun tingkatan-tingkatan yang memisahkan, yang ada hanya koordinator sehingga kami semua merasa seperti saudara sendiri.

Weqiu : saya weqiu Humas dari SPARTACKS Bekasi sub jorong dari SPARTACKS JABODETABEK. SPARTACKS Bekasi sendiri deklarasi pada tgl 13 maret 2011 walau saat itu Cuma beranggotakan 2 orang tetapi Alhamdulillah sekarang sudah beranggotakan 29 orang dan itu pun masih ada yg belum terdata.

Classy : Kenapa memilih SPARTACKS? Kenapa Semen Padang FC?? Padahal di kota masing-masing kan juga ada klub sepakbola, ada PERSIB di Bandung, ada PERSIJA di Jakarta dan setiap klub tersebut telah memiliki basis suporter yang telah mapan dan anggotanya yang banyak. Ceritakan juga sedikit alasan kalian bergabung dengan SPARTACKS.
Olid : Sebagai orang minang tentunya terpanggil untuk mendukung tim yang sudah saya sukai dari kecil yaitu Semen Padang FC. Walaupun Berada di rantau tentunya identitas asli tidak hilang dan walaupun berada di basis supporter besar di Bandung seperti saat sekarang ini. Kenapa Spartacks? Karena spartacks lah yang saya sukai dengan visi dan misi sebagai seorang supporter, walaupun saya tau Spartacks belum sebanyak yang sekarang ini. Dari sinilah terasa kekeluargaan dan kebersamaan Spartacks sebagai sebuah wadah supporter yang tugasnya mendukung tim agar tetap semangat.

Weqiu : Memang di Bekasi banyak Basis supporter tapi ya namanya kita orang minang tetap mendukung SEMEN PADANG FC,walau masih ada sebagian orang minang yang mendukung tim lain tp itu pilihan dan kami tetap bersilahturahmi dengan mereka,saya memilih SPARTACKS jujur karna saya terharu melihat para SPARTAN waktu tur Sidoarjo yg turun ikut mengeringkan lapangan dari genangan air di lapangan.dan mulai saatitu saya mencari link tentang SPARTACKS di Bekasi.
Classy : Setiap jorong-jorong di luar Sumater Barat memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda dari jorong lainnya. Bisa ceritakan sedikit apa yang menjadi ciri khas dari jorong Tatar Sunda dan JABODETABEK, bisa dari sistem kepengurusan, keanggotaan, kegiatan diluar mendukung tim dan lain-lain
Olid : Tatar Sunda tidak memiliki struktur berdasarkan kasta atau pengelompokan. Yang pasti kita sama yang punya niat tulus untuk semen padang fc. Dan apabila kita kumpul lebih senang diadakan disalah satu rumah makan padang yang kebetulan saat ini kita memilih simpang dago. Dan biasanya kamipun menunggu teman-teman SPARTACKS darimanapun yang mengadakan tur ke bandung di rumah yang kami sebut “Rumah Ceria”. Di sana biasanya kita sharing dan berkumpul saat tidak dalam acara resmi seperti nonton bareng, rapat dan lain-lain.
Weqiu: Di SPARTACKS Bekasi ini kami tetap memakai sistem “samo rato samo raso” jadi tidak ada yang di tinggikan disini,tp tetap kami mempunyai koordinator jorong dan koordinator wilayah karena di Bekasi wilayahnya luas itu pun supaya memudahkan koordinasi orang minang di bekasi dan kota sekitar untuk mendukung SPFC jika SPFC bertanding di pulau jawa.kegiatan kami selain mendukung tim kami sering ngumpul bareng,nonbar,nonton timnas di GBK,pergi silahturahmi ke secretariat supporter tuan rumah dan olahraga futsal.
Classy : bisa share pengalaman apa saja yang di dapat ketika mendampingi tim Semen Padang FC baik di kota kalian maupun ketika menjalani tur ke kota lain.
Olid : Pengalaman saat mendampingi tim tentu banyak, apalagi suatu kebanggaan bisa mendampingi tim saat bermain tandang yang mungkin tidak semuanya yang di padang di beri kesempatan tersebut. Kami pun bisa melepas rindu melihat langsung tim kebangaan bermain walaupun harus bermain di stadion lain. Apalagi selama ini kita SPARTACKS juga selalu di terima dengan baik oleh supporter lain dan tetap mengusung supporter nonblok dan mereka pun juga maumenjamin keamanan kami di stadion. Tapi itu semua tak lepas dari peran teman2 yang di padang yang menyambut teman-teman suporter lain yang juga tandang ke kota padang mendukung tim kesayangan mereka.
Classy : Apa harapan ataupun rencana ke depan jorong Tatar Sunda dan JABODETABEK
Olid : Harapan ke depannya agar tim Semen Padang FC mampu menjuarai IPL musim ini dan bermain di Liga Champion Asia ataupun AFC cup. Dan terget kami SPARTACKS tatar sunda sendiri semoga bisa mengadakan evenseperti yang pernah kami lakukan kala mengadakan turnamen futsal dan lain-lain. Dan semoga dimanapun Semen Padang FC bermain kami selalu ada.

Weqiu: harapan kedepan mungkin semua anggota SPARTACKS sama ingin melihat SPFC juara IPL dan berlaga di LCA.Untuk jorong dan SPARTACKS semoga bisa tetap eksis di persepakbolaan Indonesia dan tetap jadi duta supporter nonblok di Indonesia.
Satu lagi tak lupa saya ucapkan Selamat untuk SPARTACKS jorong Singaperbangsa karawang yg berprestasi menjuarai tournament futsal Ultah P-Man Karawang ke 1 semoga makin banyak Prestasi yg dapat diraih oleh SPARTACKS kedepannya.

Haris Tamsin

Just SPARTAN and MUFC Die Hard Fans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.