Kerangka Timnas Indonesia U-17 Hampir Terbentuk

Spartacks Cyber. Kerangka Tim Nasional Indonesia U-17 yang akan diterjunkan dalam International Youth Football Invitation Tournament di Hong Kong, 27-29 Januari 2012 hampir terbentuk. Walaupun tahap seleksi pemain baru akan digelar di lapangan C, Senayan, Jakarta pada 4 Januari mendatang.

Indra Syafri
Indra Sjafri (Foto: Facebook)

Hal itu dikarenakan rata-rata pemain yang akan mengikuti selekasi adalah mantan skuad Timnas U-16 yang berlaga pada penyisihah AFC U-16 Championship 2012 pada bulan September lalu di Thailand. Selain itu pelatih yang dipercaya untuk menukangi Timnas U-17 ini adalah Indra Sjafri yang notabene merupakan pelatih Timnas U-16 tersebut.

“Seleksi tetap akan kita laksanakan dengan ketat. Pemain yang kini ada, hanya membantu tugas saya dalam membuat kerangka dasar tim saja,” ungkap pelatih asal Padang tersebut kepada Bola.net.

Indra juga meyakini, hasil dari seleksi akan banyak memunculkan pemain muda berbakat dan berkualitas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Seleksi akan di gelar selama dua hari saja. Kami akan mencari pemain terbaik dari yang terbaik,” tukas pelatih yang telah mengantongi lisensi kepelatihan Grade A AFC saat mengikuti kepelatihan di Malaysia pada 26-30 Oktober 2010, bersama Widodo Cahyono Putro, Asisten Pelatih Timnas U-23.

Selanjutnya, PSSI berencana memanggil 56 pemain untuk menjalani seleksi pembentukan tim nasional Indonesia U-17, dari Timnas U-16, pemain Liga U-16 Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI), serta dua pemain dari Medan, Papua, dan Satu pemain dari Jawa Timur serta Makassar. Nantinya, 56 pemain tersebut, akan dikerucutkan menjadi 18.

“Saya sangat berharap langkah ini menjadi titik awal persiapan program jangka panjang Timnas U-17. Sebab, nantinya masih ada kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia U-17. Semoga saja, dengan adanya program yang terarah, mampu membawa Timnas kita masuk putaran final dalam dua ajang tersebut,” pungkas jebolan SMAN 2 Padang angkatan 1982 tersebut.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *