Kaleidoskop Tim Semen Padang FC 2011 (Januari-Juni)

Spartacks Cyber. Tahun 2011 merupakan salah satu tahun penting bagi kesebelasan Semen Padang FC. Kembali berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola Indonesia serta memperoleh hasil yang ‘mengejutkan’ adalah alasan utamanya. Musim kompetisi 2008/09 awal pertama kalinya Liga Super Indonesia (ISL) digelar tim Kabau Sirah terpaksa turun kasta ke kompetisi level dua meskipun tetap berada di Divisi Utama. Hal itu disebabkan karena ISL kompetisi baru yang dibentuk dengan tujuan ‘memprofesionalkan’ klub-klub sepakbola Indonesia dijadikan level satu, sedangkan Divisi Utama harus rela mengalah menjadi level dua.

Semen Padang tidak bisa mengikuti ISL bukan karena tim ini belum ‘profesional’ berdasarkan parameter kala itu, namun karena pencapaian tim Kota Padang tersebut hanya mampu finish di urutan ke 16 dari 18 peserta wilayah barat Divisi Utama tahun 2007. Sementara yang berhak naik ke ISL hanyalah tim-tim dengan peringkat 1 sampai 9 untuk masing-masing wilayah.

Dua musim berjuang untuk promosi ke ISL, pada musim 2009/10 Semen Padang berhasil meraih peringkat ketiga Divisi Utama dan berhak pormosi ke Liga Super. Dibawah asuhan Arcan Iurie, Edward Wilson Junior dkk berhasil mengalahkan Persiram Raja Ampat dengan skor 1-0 di Stadion Manahan, Solo pada 29 Mei 2010. Kemenangan yang disambut gembira oleh semua insan sepakbola Ranah Minang.

Memasuki musim 2010/11, manajemen memutuskan untuk mengangkat Nil Maizar, mantan pemain Semen Padang era 90an dan juga asisten pelatih Arcan Iurie sebelumnya menjadi pelatih kepala. Dibawah asuhan pelatih muda asal Payakumbuh ini Semen Padang menjelma sebagai kuda hitam dalam Liga Super Indonesia. Berhasil menempati posisi ke-empat klasemen akhir ISL 2010/11 adalah prestasi yang membanggakan mengingat dari segi materi pemain, Semen Padang hanya dihuni pemain yang “biasa-biasa” saja.

KALEIDOSKOP TIM SEMEN PADANG FC 2011 (Januari-Juni)

5 Januari: Setalah libur kompetisi selama 2 bulan karena pergelaran Piala AFF 2010, Semen Padang berhasil menang besar pada laga pertama tahun 2011 menghadapi Deltras Sidoarjo dengan skor 4-0 di kandang sendiri. Gol SP dicetak oleh Saktiawan Sinaga (15′), Vendry Mofu (40′), Edward Wilson Junior (74′, 90′). Kemenangan ini membawa SP ke peringkat kedua klasemen sementara ISL.

6 Januari: 6 poin Semen Padang yang didapat dari hasil kemenangan terhadap Persema Malang dan PSM Makassar terpaksa dipangkas oleh BLI karena kedua tim tersebut memutuskan untuk mundur dari kompetisi dan bergabung dengan Liga Primer Indonesia (LPI).

8 Januari: SP menang atas Persela dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Saktiawan Sinaga. Kemenangan ini membawa SP berada di peringkat 2 klasemen sementara ISL dengan poin 17. Setelah laga sempat terjadi gesekan antara Spartacks dan The Kmers.

11 Januari: 3 punggawa muda Semen Padang yaitu Vendry Mofu, M Fauzan Djamal dan Dicky Jamalis dipanggil Badan Tim Nasional (BTN) untuk mengikuti seleksi tim Garuda Merah Putih U-23 SEA Games 2011 di Jakarta. Ketiga pemain akan ke Jakarta jumat, 14 Januari 2011.

13 Januari: Sukses menekuk Pelita Jaya 1-0 dengan gol tunggal Suheri Daud, Semen Padang berhasil meraih puncak klasemen sementara ISL dengan 20 poin dari 9 laga menggeser posisi Persipura yang mengoleksi 19 poin dari 7 laga.

15 Januari: Vendry Mofu dicoret dari seleksi Timnas U-23 gelombang ketiga oleh Alfred Riedl karena tidak muncul ketika sarapan pagi dan latihan.

19 Januari: SP berhasil mencuri 1 poin di kandang Persijap Jepara dengan skor 1-1. Gol Persijap oleh Evaldo Silva (19′) dan gol SP dicetak oleh Edu pada menit 23. Hasil ini membawa SP tetap di peringkat kedua setelah sebelumnya posisi puncak kembali direbut oleh Persipura.

21 Januari: SP U-18 menjuarai grup A babak 16 besar Piala Suratin 2010 dengan mengalahkan Persis Solo U-18. SP dan Persis lolos ke babak 8 besar.

23 Januari: Laga perdana SP U-21 dalam kompetisi ISL U-21 2010/11 harus menelan kekalahan atas Persib U-21.

27 Januari: Semen Padang berhasil mengalahkan Persisam Samarinda dengan skor 3-1. Gol SP dicetak oleh Saktiawan Sinaga, Esteban Vizcarra dan Edward Wilson Junior. Sedangkan balasan Persisam dicetak oleh Pavel Solomin. Hasil ini memperlebar jarak SP dengan peringkat 3 klasemen, Arema Indonesia menjadi 4 poin.

30 Januari: SP ditahan Bontang FC 2-2 di kandang sendiri. Gol SP oleh Esteban Vizcarra dan Suheri Daud, sedangkan gol Bontang FC oleh Eka Hera dan Kenji Adachihara. Pada laga ini juga dideklarasikan perdamaian Spartacks – The Kmers. Sebelumnya, SP U-21 ditahan imbang tanpa gol oleh PSPS Pekanbaru U-21, pertandingan juga dilaksanakan di GOR H Agus Salim.

6 Februari: SP dicukur lima gol tanpa balas di kandang Sriwijaya FC. Gol SFC dicetak oleh Keith Kayamba Gumbs (24′), Rudi Widodo (32′, 82′), Budi Sudarsono (40′), Korinus Fringkew (79′). Ini merupakan kekalahan terbesar Semen Padang musim 2010/11. Sementara itu Kabau Sirah Junior juga dibantai 4-1 oleh Sriwijaya FC U-21 di tempat yang sama. Gol SFC U-21 dicatak oleh Riszky Dwi Ramadhana (40), Bayu Pujasuma (44), Yusuf Efendi (63) dan Muhamas Al Firzon (77), sedangkan satu-satunya gol balasan Semen Padang U-21 dicetak oleh Doni Andika Putra pada menit ke 76.

9 Februari: Menutup putaran pertama ISL 2010/11 dengan menahan imbang Persib Bandung di Stadion Siliwangi. Pada laga tanpa penonton tersebut, gol SP dicetak oleh David Pagbe pada menit ke 12, sedangkan balasan Persib dicetak oleh Pablo Frances diawal babak kedua.

13 Februari: SP U-18 terhenti di babak 8 besar Piala Suratin 2010. Tidak pernah menang dalam 2 kali laga. Kabau Sirah Kaciak harus merelakan tiket semifinal kepadan PSIS U-18 dan Perseden Denpasar U-18. SP U-18 kalah 0-1 atas Perseden dan 0-2 atas PSIS. Sementara peserta lainnya PSM Makassar dicoret keikutsertaannya karena tim senior mereka memilih hijrah ke LPI.

16 Februari: SP U-21 berhasil mengalahkan Persija U-21 dengan skor 2-0. Gol SP dicetak oleh Satria Eka Putra (6′) dan Yoshua Pahabol pada beberapa menit menjelang babak pertama berakhir melalui titik putih. Pertandingan ini merupakan titik balik kebangkitan Kabau Sirah Mudo.

21 Februari: Manajemen memutuskan untuk tidak melakukan penambahan pemain dalam jeda paruh musim kali ini, namun menajemen menyetujui 3 orang pemain SP U-21 untuk promosi ke tim senior yaitu Yoshua Pahabol, Zico Aipa dan Doni Andika Putra. Namun status promosi ini belum permanen karena mereka masih tetap latihan bersama tim U-21 dan akan ‘digunakan’ di tim senior hanya jika dibutuhkan.

5 Maret: Laga pembuka putaran kedua ISL 2010/11, Semen Padang FC ditahan imbang oleh Persib 1-1, Gol Persib dicetak oleh debutan Matsunaga Shoei pada menit ke 75, gol balasan SP dicetak oleh Vendry Mofu pada akhir babak kedua. Dengan hasil ini SP berada di peringkat kedua klasemen sementara. Sebelumnya, SP U-21 juga berhasil mengalahkan Sriwijaya FC U-21 dengan skor 3-1.

8 Maret: Sukses membalas kekalahan laga pertama oleh Kabau Sirah Mudo terhadap Sriwijaya U-21 juga diikuti tim senior. meski bermain dengan 10 pemain, Semen Padang FC berhasil mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-1. Penentu kemenangan SP kali ini adalah Vendry Mofu.

13 Maret: Kabau Sirah berhasil mencuri satu poin di Samarinda denga hasil imbang 1-1, gol SP dicetak oleh Edward Wilson Yunior sedangkan Persisam dicetak oleh Irsyad Aras. Pada laga ini Edu mendapat hadiah kartu merah sedangkan Man of the Match diraih oleh Samsidar. Dari Jakarta, Semen Padang U-21 berhasil mengalahkan Persija U-21 dengan skor 2-1 di Stadion Soemantri Brojonegoro. Gol Kabau Sirah Mudo dicetak oleh Andi Rizky Purwanto (17′) dan Yosua Pahabol (26′) sedangkan gol balasan tuan rumah dicetak oleh Rendy A 5 menit sebelum bubaran.

19 Maret: ‘Hanya’ satu poin dari kandang Bontang FC membuat SP gagal merebut kembali posisi kedua klasemen dari Persija. Gol SP dicetak oleh Esteban Vizcarra dan gol balasan Bontang dicetak oleh Kenji Adachihara. Sementara hasil maksimal diraih SP U-21 di Pekanbaru dengan menekuk tuan ruman PSPS U-21 dengan skor 1-0. Gol tunggal Yoshua Pahabol mengamankan 3 poin dari Asykar Bertuah Junior.

30 Maret: Kabau Sirah berhasil mencukur Persijap Jepara tiga gol tanpa balas. Gol SP dicetak oleh M. Rizal (8′), Saktiawan Sinaga (49′) dan Edward Wilson Junior (84′). Tapi sayang M Rizal yang diturunkan sejak awal pertandingan terpaksa hasus lebih dahulu meninggalkan lapangan karena kartu merah di menit ke 54. SP kokoh di posisi kedua klasemen dengan 35 poin dari 19 kali pertandingan.

12 April: Pertandingan yang tidak terlalu penting, SP U-21 menang atas Persib U-21 di kandang sendiri. Gol SP diborong oleh Satria Eka Putra pada menit ke 2, 4, dan 26, sedangkan gol Maung Muda dicetak oleh Rully Muhammad Salim pada menit ke 62. Persib U-21 dan Semen Padang U-21 sama-sama lolos ke babak 6 besar ISL U-21 musim 2010/11. Dari Sidoarjo, SP senior sukses menggulung Deltras tiga gol tanpa balas. Ketiga gol SP diborong oleh Edward Wilson Junior. Laga ini merupakan kemenangan tandang pertama untuk Semen Padang dan kekalahan kandang pertama untuk Deltras pada musim 2010/11.

14 April: Pertama kali mencuat ke media, klub LPI PSM Makassar tertarik menggaet striker haus gol SP, Edward Wilson Junior.

17 April: Asdian, manajer SPFC menegaskan kepindahan Edu ke PSM Makassar hanya rumor. Semen Padang harus menelan kekalahan menghadapi Persela di Lamongan dengan skor 0-1. Kemenangan Persela berkat gol pinalti Fabiano Beltrame.

19 April: Drawing 6 besar ISL U-21, Semen Padang U-21 tergabung di grup B bersama Persiwa U-21 dan Pelita Jaya U-21. Pertandingan akan dilangsungkan pada tanggal 26 sampai 30 April 2011 di Soemantri Brodjonegoro.

21 April: Persipura dikabarkan juga tertarik merekrut Edu.

26 April: Semen Padang U-21 ditahan imbang Persiwa U-21 dalam babak 6 besar ISL U-21 musim 2010/11.

28 April: Semen Padang sukses menekuk Arema Indonesia dengan skor 2-0 di Stadion H. Agus Salim. Gol SP dicetak oleh David Pagbe pada menit 22 dan Edu beberapa menit menjelang akhir babak kedua. Hasil ini mengukuhkan posisi SP di peringkat kedua denga 41 poin.

30 April: Semen Padang U-21 berhasil mengalahkan Pelita Jaya U-21 dengan skor 1-0 dalam babak 6 besar ISL U-21 musim 2010/11. Hasil ini mengantarkan Kabau Sirah mudo berlaga ke babak semifinal.

1 Mei: Kabau Sirah berhasil membawa pulang 1 poin dari kandang Pelita Jaya dengan skor 2-2. Gol Pelita dicetak oleh Troy Hearfield (36′) dan Safee Sali (49′), sedangkan gol balasan SP dicetak oleh Suheri Daud (75′) dan Edu (80′).

5 Mei: Semen Padang U-21 berhasil mengalahkan Persisam U-21 pada babak semifinal ISL U-21 musim 2010/11 dengak skor 3-1 di Stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta. Tiga gol SP U-21 dicetak oleh Anggi Topano (47′), Angga Murina Pratama (52′) dan Satria Eka Putra (74′), sementara gol balasan Persisam U21 dihasilkan oleh Aldier Makatindu dari titik penalti pada menit 73.

8 Mei: Semen Padang takluk dari PSPS Pekanbaru dalam derby sumatera. Gol PSPS dicetak oleh Epandi (16′) dan Nzekou (80′) sedangkan gol SP dicetak oleh Saktiawan Sinaga (66′). Sementara itu pada final ISL U-21, SP U-21 gagal meraih juara setelah pada partai final dikalahkan Persela U-21 dengan skor 0-2. Gol Persela junior dicetak oleh Eki Taufik (8′) dan Fandi pada menit ke 80 melalui titik putih.

12 Mei: Pemain kembali berlatih setelah diliburkan pasca melawan PSPS karena libur kompetisi yang panjang.

14 Mei: Manajemen menggelar syukuran sebagai apresiasi prestasi tim Semen Padang U-21 di kompetisi ISL U-21. Dalam acara tersebut juga diumumkan bahwa manajemen akan mempertahankan 6 pemain yang akan dipromosikan ke tim senior, yaitu Yoshua Pahabol, Doni Andika, Zico Aipa, Wahyu Firnanda, Anggia Topano, dan Robertu Sahim.

2 Juni: Semen Padang berhasil menahan imbang Persija dengan skor 1-1. Pada pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo tersebut gol SP dicetak oleh Suheri Daud, sedangkan gol Persija oleh G. Nwokolo.

8 Juni: Persipura Jayapura memastikan diri sebagai juara Superliga Indonesia setelah menundukkan Persisam Samarinda 2-1.

9 Juni: Semen Padang menjaga rekor tak terkalahkan di kandang sendiri usai mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 2-1. Meski tampil tanpa Edu, SP berhasil memenangkan pertandingan dengan gol Yu Hyun Koo (42′) dan David Pagbe (62′), sedangkan gol balasan Persiba dari kaki M. Khairul (47′). Nil Maizar terpilih sebagai pelatih tim All Star dalam laga Perang Bintang ISL 2010/11.

10 Juni: Tindakan indisipliner yang dilakukan Edward Wilson Junior karena mangkir pada laga melawan Persiba Balikpapan mendapatkan sanksi dari manajemen. Edu yang sebelumnya “pulang kampung” ke Liberia untuk membela Timnas Liberia dalam laga penyisihan Copa Afrika dijadwalkan telah tiba di Padang tanggal 8 Juni namun ternyata dilanggar. Namun Asdian selaku manajer tim tidak menjelaskan sanksi yang akan diberikan kepada Edu secara mendetail.

16 Juni: Semen Padang menahan imbang Persiwa Wamena tanpa gol di Wamena. Hasil ini mempersempit peluang Kabau Sirah tembus zona Asia.

19 Juni: Semen Padang berhasil mencuri poin dari Persipura setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Mandala. Gol Persipura dicetak oleh Ian Kabes pada menit ke 57. Sedangkan dari Semen Padang, Vendry Mofu kembali menjadi penyelamat berkat gol nya di menit ke 86. Dengan hasil ini Semen Padang memantapkan posisi di peringkat keempat klasemen akhir dengan 48 poin. Hasil ini juga membuat SP sebagai satu-satunya tim selain Persiwa yang berhasil mencuri poin di kandang Persipura musim 2010/11.

20 Juni: Liga Super Indonesia resmi berakhir. Persipura Jayapura keluar sebagai juara disusul Arema Indonesia dan Persija Jakarta di belakang mereka. Sukses Persipura makin lengkap karena strikernya, Boaz Solossa, berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan koleksi 22 gol.

21 Juni: David Pagbe terpilih memperkuat tim All Star pada laga Perang Bintang.

23 Juni: Persidafon Dafonsoro berhasil memastikan jatah terakhir klub yang akan berlaga di kompetisi Liga Super Indonesia musim 2011/12 setelah menaklukkan Bontang FC 3-2 dalam partai play-off promosi/degradasi ISL 2010/2011. Persidafon menyusul tiga tim lain yang lebih dulu memastikan diri promosi, yaitu Persiba Bantul, Persiraja Banda Aceh dan Mitra Kukar.

26 Juni: Laga perdana Semen Padang dalam turnamen Piala Gubernur Aceh II, berhasil mengalahkan Kedah FC dengan skor 2-0. Dua gol SP dicetak oleh Edward Wilson Junior pada menit ke 14 (pinalti) dan 47. Semen Padang berangkat ke Aceh hanya membawa 1 pemain asing yaitu Edu karena Pagbe saat itu telah bergabung dengan tim All Star untuk laga Perang Bintang sedangkan Yu Hyun Koo, Park Chul Hyung dan Esteban Vizcarra telah diizinkan pulang untuk liburan. Pelatih Nil Maizar juga tidak ikut tim karena ditunjuk menjadi pelatih tim All Star, oleh sebab itu selama di Aceh para punggawa SP diasuh oleh duet asisten Delfi Adri dan Zulkarnain Zakaria.

27 Juni: Semen Padang dikalahkan oleh Persiba Bantul dalam laga kedua Piala Gubernur Aceh, gol Persiba dicetak oleh Fortune Udo (20′, 68′). Persiba dan SP lolos ke babak semifinal.

29 Juni: Persipura Jayapura menang 2-1 atas tim All Star Liga Super Indonesia di Jayapura. Zah Rahan mencetak dua gol untuk Persipura, sementara gol tim All Star LSI dicetak M Ridwan.

30 Juni: Semen Padang dikalahkan Aceh Selection dalam laga semifinal Piala Gubernur Aceh II dengan skor 3-2. Gol Aceh Selection oleh Osas Saha (2 gol) dan Gbenema, sedangkan gol SP oleh Elie Aiboy dan Suheri Daud.

1 Juli: Semen Padang berhasil meraih juara ketiga Piala Gubernur Aceh II setelah pada laga perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan Pelita Jaya dengan gol tunggal Edward Wilson Junior pada menit ke 57. (Redaksi Spartacks Cyber)

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.