PSSI Siap Gelar Kompetisi Divisi I dan II

Spatacks Cyber. PSSI siap menggelar Kompetisi Divisi I dan II mulai 16 Desember mendatang di seluruh wilayah Indonesia. Kompetisi sepakbola amatir yang nantinya diharapkan menjadi tulang punggung pembinaan sepakbola Indonesia, karena berdasarkan aturan yang baru, kompetisi ini merupakan kompetisi kelompok umur. Divisi I merupakan kompetisi U-23 dan Divisi memainkan kelompok umur U-21.

Hal itu diungkapkan Jerry Waleleng di sela-sela pertemuan antar manajer (Managers Meeting) Divisi II di Hotel Mega Matra Jakarta Timur, Senin 12 Desember 2011. “Kompetisi Divisi I akan diikuti sekitar 66 klub, sedangkan Divisi II diikuti 100 klub. Kami siap menggelar kompetisi kedua level ini mulai 16 Desember dan 18 Desember mendatang,” ujar Direktur Kompetisi Liga Amatir PSSI, Jerry Waleleng.

Jerry yang didampingi Manajer Kompetisi Divisi II Yon Moeis mengungkapkan, babak penyisihan kompetisi Divisi I akan menggunakan sistem kompetisi “home and away”, dimana ke-66 tim akan dibagi ke dalam 12 grup dan masing-masing grup akan dihuni oleh empat-enam tim.

“Kecuali di Kalimantan, Sulawesi dan Papua, akan dilakukan dengan sistem home tournament mengingat kondisi geografis yang tak memungkinkan digelar dengan home and away,” ujarnya.

Kompetisi Divisi I direncanakan akan tuntas pada akhir Juni 2012 dan putaran semifinal dan final akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta.

Sementara kompetisi PSSI Divisi II yang diikuti 100 tim dan dimulai 18 Desember akan dibagi ke dalam 20 grup babak penyisihan dengan masing-masing grup diikuti antara lima-enam tim. Sama halnya dengan Divisi I, kompetisi level Divisi II juga direncakan harus tuntas pada akhir Juni 2012, semifinal dan finalnya juga digelar di SUGBK.

“Mengenai tuan rumah babak penyisihan, kami akan tawarkan kepada klub yang bersedia. Terhadap klub yang menyatakan siap, kami juga akan melihat sisi kesiapannya karena hal ini menyangkut pendanaan mereka yang masih mengandalkan bantuan dana APBD,” papar Jerry Waleleng.

Mengenai sistem promosi-degradasi dan juga hadiah uang pembinaan bagi para juara, Jerry mengatakan semuanya akan dibahas dan ditentukan oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Jerry menambahkan, guliran kompetisi Divisi I dan II akan menggunakan bola Pespex sebagai bola resmi kompetisi.

Pada pembagian grup yang telah dilakukan terdapat 3 tim Sumatera Barat yang akan bertanding di Divisi I dan tim di divisi II. Untuk Divisi I terdaftar PSPP Padang Panjang yang tergabung bersama PSDS Deli Serdang, Madina Medan Jaya, PSSA Asahan, Medan United dan Poslab Labuahan Batu di grup 2. Sedangkan dua wakil lainnya yaitu Persiju Sijunjung dan PS Pasbar Pasaman Barat akan tergabung di Grup 3 bersama PS Siak, Persiks Teluk Kuantan, PS Bungo dan Persibabar Bangka Barat.

Sedangkan untuk Divisi II, terdapat 4 wakil Sumbar dan semuanya tergabung dalam Grup 3. Keempat tim tersebut adalah Persis Solok, PSKB Bukittinggi, Persepak Payakumbuh dan GAS Sawah Lunto. Satu lagi peserta di Grup B adalah PS Kerinci dari Propinsi Jambi. (Rieko)

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *