Bungkam Vietnam, Indonesia ke Final

Spartacks Cyber. Hasil meyakinkan ditorehkan Timnas U-23 Indonesia di semifinal cabor sepakbola SEA Games XXVI di Jakarta. Menghadapi Vietnam yang merupakan juara grup B, Abdul Rahman dkk berhasil menundukkan pasukan Ho Chi Minh dengan skor 2-0. Hasil ini menghantarkan Garuda Muda ke final yang akan digelar Senin nanti, 21 November 2011 dan berpeluang membalas kekalahan atas Malaysia pada babak penyisihan sebelumnya.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, anak asuhan Rahmad Darmawan mencoba menekan tim lawan sejak awal pertandingan. Sontak permain berjalan dengan tempo cepat dan panas serta menjurus ke arah keras. Bahkan kiper Vietnam harus mendapatkan perawatan karena jatuh di kepala terlebih dahulu ketika coba menangkap bola umpan Egi ke kotak penalti. Pertandingan dihentikan wasit nyaris 3 menit. Meskipun berhasil menguasai jalannya pertandingan, namun sepanjang babak pertama belum tercipta satupun gol untuk kedua kesebelasan.

Indonesia yang tampil dengan skuad terbaiknya -minus Ferdinand Sinaga yang diistirahatkan karena demam- baru berhasil menciptakan gol pada menit ke 61 setelah tendangan bebas Patrich Wanggai menyentuh kaki salah satu pemain belakang Vietnam dan menjebol gawang Tran Buu Ngoc. Tendangan bebas tersebut diperoleh setelah kapten Egi Melgiansyah diganjal bek Lam Anh Quang di luar kotak penalti.

Pada menit-menit akhir pertandingan, giliran Titus Bonai yang berhasil menggandakan keunggulan Garuda Muda. Tendangan keras kaki kiri Tibo berhasil mengenai pemain bertahan Vietnam dan sukses mengecoh kiper Vietnam. Keunggulan 2-0 ini bertahan hingga akhir pertandingan.

Pelatih Rahmad Darmawan mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia menjelaskan kalau Egi Melgiansyah dkk berhasil menjalankan instruksinya dengan baik sehingga mampu mencegah permainan anak-anak Vietnam berkembang.

“Hari ini anak-anak bermain bagus, bahkan sangat bagus. Saya sengaja memainkan pressing football karena dari rekaman pertandingan, saya lihat Vietnam unggul dalam possesion play. Jika kami membiarkan itu terjadi, maka mereka akan menguasi pertandingan,” kata RD usai pertandingan.

Namun RD juga tak membantah jika strateginya dengan terus tampil menekan sangat menguras tenaga. Kebugaran pemain kini menjadi perhatian mantan pelatih Sriwijaya FC dan Persija Jakarta itu.

“Hari ini kami bermain dengan energi lebih dan tentunya sangat menguras fisik pemain. Tapi risiko itu harus kita ambil supaya Vietnam tidak mendominasi jalannya pertandingan,” beber RD.

“Saya memang agak cemas karena bermain dengan cara itu maka saya juga harus berhitung untuk menghadapi laga selanjutnya (final melawan Malaysia),” tambah RD. (Rieko)

Susunan Pemain

Indonesia: Kurnia Mega, Abdul Rahman, Hasim Kipuw, Gunawan Dwi Cahyo, Diego Michiels, Mahadiga Lasut, Egi Melgiansyah/Hendro Siswanto (80’), Octovianus Maniani,  Andik Vermansyah, Titus Bonai, Patrich Wanggai

Vietnam: Tran Buu Ngoc, Au Van Hoan/Duong Thanh Hao (86’), Ngo Hoang Thihn/Le Hoang Thien (70’), Hoang Dinh Tung/Nguyen Tuan Anh (83’), Nguyen Trong Hoang, Le Van Thang, Nguyen Van Quyet, Chu Ngoc Anh, Truong Hyunh Phu, Pham Than Luong, Lam Anh Quang

Video Cuplikan pertandingan Timnas Indonesia u-23 vs Vietnam U-23 Semifinal SEA Games XXVI, 19 November 2011.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=wrMPnzErw60]

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.