Garuda muda pulangkan Thailand

Spartacks cyber – Tiket ke babak semifinal cabang sepakbola berhasil diraih Indonesia. Hasil tersebut didapat setelah ‘Garuda Muda’ memetik kemenangan atas Thailand dengan skor 3-1. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tiga gol keunggulan Indonesia datang dari Titus Bonai, Patrich Wanggai dan Ferdinan Sinaga. Sementara satu-satunya gol Thailand dilesakkan Ronnachai Rangsiyo, melalui eksekusi penalti.

Skuad besutan Rahmad Darmawan sesungguhnya bisa memetik kemenangan lebih besar andai bisa memanfaatkan banyak peluang yang dimiliki. Apalagi Thailand harus bermain dengan sembilan orang sejak menit 75. Kemenangan ini membuat Indonesia memastikan satu tiket ke babak semifinal dengan poin sembilan dari tiga pertandingan. Okto Maniani cs masih harus menghadapi Malaysia di pertandingan terakhir Grup A pada Selasa (15/11/2011) untuk menentukan siapa berhak dengan status juara grup.

Sementara untuk Thailand, hasil ini memastikan kiprah mereka di ajang SEA Games terhenti di babak grup. Dari tiga pertandingan mereka punya poin tiga hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Indonesia lebih banyak tertekan di menit-menit awal laga. Beberapa kali pemain Thailand terlihat berdiri bebas di jantung pertahanan Indonesia, meski tak ada yang berujung gol. Di menit 11 keuntungan pertama datang buat Indonesia. Dapat kartu kuning kedua akibat melanggar Andik Vermansyah, wasit mengirim keluar lapangan Theeraton Bunmathan. Gawang Thailand akhirnya bobol, gol ini bermula dari kerjasama satu-dua antara Andik dengan Hasim Kipuw di sisi kanan. Berhasil melewati seorang bek lawan, Hasim melepaskan umpan terukur ke kotak penalti. Tibo yang berdiri tanpa kawalan melepaskan tandukan bertenaga yang mengantar bola masuk ke gawang.

Tekanan hebat langsung dilancarkan Indonesia di awal babak kedua. Namun justru gawang Meiga yang lebih dulu bobol melalui eksekusi penalti Ronnachai Rangsiyo. Wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Abdul Rahman. Indonesia baru bisa kembali unggul di menit 62, yang bermula dari skenario tendangan sudut. Berusaha menghalau bola yang melayang ke tiang jauh, kiper Ukrit Wongmeema memutuskan keluar dari gawangnya. Namun dia gagal menangkap bola yang justru ditanduk pemain Thailand ke tengah kotak penalti. Wanggai berhasil menanduk bola . Si kulit bundar sempat menyentuh pemain bertahan Thailand di garis gawang, tapi itu tak cukup menghindarkan terjadinya gol.

Di menit 75 Thailand kembali kehilangan satu pemainnya akibat melakukan tekel kasar pada Andik.  Indonesia akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 3-1 setelah Ferdinan Sinaga menjebol gawang Thailand di masa injury time. Berawal dari serangan balik yang diotaki Tibo, Wanggai menusuk ke sisi kanan pertahanan Thailand. Dia kemudian melepaskan umpan tarik pada Ferdinan, yang sontekannya dari dalam kotak penalti berhasil melewati kiper Wongmeema.

Susunan Pemain

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 15-Hasim Kipuw, 13-Gunawan Dwi Cahyo, 24-Diego Michiels, 28-Abdul Rahman, 10-Okto Maniani (’79 Ferdinan Sinaga), 8-Egi Melgiansyah, 26-Hendro Siswanto (’56 Mahardiga Lasut), 27-Patrich Wanggai, 25-Titus Bonai, 21-Andik Vermansyah (’89 Lucas Mandowen)

Thailand: 18-Ukrit Wongmeema, 3-Seeket Madputeh, 17-Pokklaw A-Nan, 20-Komkrit Cumsokcheak, 16-Sutjarit Jantakol, 8-Sarach Yooyen, 11-Isarapong Lilakorn, 12-Kroekrit Thawikan, 14-Natarid Thammrododpon, 15-Theeraton Bunmathan, 9-Ronnachai Rangsiyo.

Haris Tamsin

Just SPARTAN and MUFC Die Hard Fans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *