Punggawa Kabau Sirah di Skuad Merah Putih

Spartacks Cyber. Berbicara tentang pemain tim nasional, tak terlepas dari kontribusi tim liga Indonesia. Pemain Timnas tentu pemain pilihan dari berbagai klub di Indonesia. Semen Padang FC termasuk tim pemasok pemain untuk Timnas. Tradisi pilar Kabau Sirah di tim “Garuda” sebenarnya sudah berlangsung sejak masih ikut Galatama. Liga bagi tim bukan perserikatan yang berlangsung dari tahun 1985 sampai 1994. Pilar Kabau Sirah yang ikut Timnas bisa diandalkan dalam pertandingan internasional. Ada yang hanya sampai ikut seleksi, tapi banyak juga sampai jadi pemain Timnas baik untuk ajang senior maupun yunior.

Samsidar latihan beban di Pelatnas Solo
Samsidar latihan beban di Pelatnas Solo (net)

Coach Nil Maizar, dulunya jadi bagian skuad Timnas Baretti yang berlatih di Italia. Selain Nil, ada Gusnedi Adang. Regenerasi berlanjut kepada Buyung Ismu. Pada tahun 2000 sampai saat ini, setiap musim, pasti ada pilar Semen Padang FC di Timnas. Di skuad Semen Padang FC musim pertama ada Herman Pulalo, Alexander Pulalo ikut menghiasi skuad Timnas.

Di era tahun 2000 sampai 2004, maka sudah mulai nampak bibit andal yang pantas untuk masuk Timnas. Sebut saja ada Purwanto, Elie Aiboy, Romi Diaz Putra, Erol FX Iba menghuni armada Timnas untuk persiapan Sea Games 2003 di Malaysia. Eko Purjianto pernah bagian skuad Timnas U-17 dan U-19. Membedah perlini pemain Kabau Sirah bisa kita lihat dari beberapa nama yang masih eksis sampai saat ini jadi pemain.

Di posisi kiper, kita pasti mengenal Wawan Darmawan, Samosir Tamani, Samsidar, Ahmad Kurniawan dan Dicky Jamalis pernah ikut seleksi dan bagian dari skuad Garuda. Bahkan untuk Samsidar sendiri ia sudah merasakan jadi bagian pilar Timnas untuk Sea Games di Malaysia tahun 2003. Untuk saat ini, Sam kembali dipanggil mengikuti seleksi Timnas untuk persiapan Pra Piala Dunia 2014 menghadapi Qatar yang akan dimainkan pada 11 November mendatang.

Posisi belakang cukup banyak juga merasakan atmosfer suasana latihan dan pertandingan level internasional. Ada Nil Maizar,  Gusnedia Adang dan Alexander Pulalo. Mereka bermain di dekade 90-an. Ada Romi Diaz Putra, bagian skuad Timnas U-23 untuk Sea Games 2003 di Vietnam. Selanjutnya ada Erol FX Iba jadi bagian pilar Timnas dalam mengahadapi piala AFF, Piala Asia dan sebagainya. Fauzan Jamal bagian daftar pemain Timnas U-23 di Sea Games 2009 Laos. Slamet Riyadi yang menghuni skuad Kabau Sirah musim 2011-2012 pernah ikut bagian seleksi Timnas. Terakhir kita masih dapat bangga ada Abdul Rahman yang jadi bagian pemain inti dalam Sea Games 2011 di Jakarta.

Di posisi tengah cukup lumayan. Ada Elie Aiboy jadi ikon Timnas di era Piala Asia 2007. Ada Enjang Rohiman, jadi bagian skuad Sea Games 2001 di Malaysia. Di lini tengah tak terlalu menonjol pemain Semen Padang di Timnas.

Di lini depan lumayan bagus. Ada Purwanto, bagian dari pemain Sea Games 2003. Saktiawan Sinaga, bagian pemain di Sea Games 2005 Filipina. Ada Ferdinand Sinaga di Sea Games 2011. Tentu beberapa pemain yang pernah menghuni Merah Putih ada pemain inti, pemain cadangan bahkan bagian skuad. Tapi kita cukup bangga. Asal ada kemauan, maka jalan menuju Senayan semakin dekat. Kita tunggu saja aksi Samsidar di skuad menuju Qatar yang akan berlangsung 11 November dan menjamu Iran pada 15 November nanti. Terkhusus buat Ferdinand dan Abdul Rahman, garansi inti di sea Games 2011. (Eko Kurniawan)

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.