Profil Singkat Ferdinand Alfred Sinaga

ferdinand alfred sinaga Salam Sanak saKampuangFerdinand Alfred Sinaga adalah salah satu penyerang muda yang saat ini tergabung dalam skuad Timnas Pra-Piala Dunia 2014 menghadapi Turkmenistan. Pemain kelahiran Bengkulu 22 tahun yang lalu ini dipilih oleh mantan pelatih Timnas Alfred Riedl karena bertipikal ngotot dan selalu tampil total. Pada musim lalu Ferdinand memperkuat tim Persiwa Wamena dan berhasil menyumbangkan 10 gol atau hanya terpaut 3 gol dari top skor Persiwa, Eddy Foday.

Selain berposisi sebagai penyerang, tidak jarang pemain yang pernah menimba ilmu di Persib Junior ini menempati posisi di sayap. Ferdinad lebih sering beroperasi dari sisi kiri, karena kekuatan kaki terbesarnya memang berada di kiri. Di Semen Padang FC nantinya Ferdinand akan menggantikan pos yang ditinggalkan oleh Saktiawan, atau mungkin juga ditempatkan sebagai suksesor Esteban Vizcarra di sayap kiri yang musim lalu nyaris tidak memiliki pelapis yang sepadan.

Dalam perjalanan karirnya, Ferdinand telah beberapa kali berpindah klub sebelum akhirnya berlabuh di Persiwa Wamena musim lalu. Selepas memperkuat Persib U-23 (2006),  berturut-turut ia membela Persibat Batang (2007), Persikab Bandung (2008), Pelita Jaya U-21 (2008 selama 6 bulan), PPSM Magelang (2009-2010) dan Persiwa Wamena (2010-2011).

Di tim Garuda, Ferdinand akan bersaing dengan penyerang lain yang lebih dulu matang, yaitu Boaz Solossa (Persipura), Bambang Pamungkas (Persija),  Cristian Gonzalez (Persib) serta Irfan Bachdim yang bermain untuk klub LPI, Persema Malang. Rahmad Darmawan yang ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas bahkan menyatakan kemungkinan Ferdinand dapat diturunkan pada laga home menghadapi Turkmenistan, kamis 28 Juli 2011 di GBK, Jakarta.

Tim pelatih Semen Padang FC yang dikepalai oleh Nil Maizar berharap pada sesi latihan bulan Ramadhan yang akan dimulai 5 Agustus mendatang Ferdinand telah dapat bergabung dengan tim. Namun disisi lain Agus Santoso, asisten manajer Persiwa Wamena menyatakan Ferdinand tidak akan dilepas sampai kontraknya berakhir pada September nanti. “Kalau memang dia akan hijrah ke Semen Padang, itu haknya dia, tapi saat ini sampai September nanti, dia masih terikat kontrak dengan Persiwa,” ujar Agus beberapa waktu lalu di Tempointeraktif.

Bagaimanapun juga, Ferdinand Sinaga telah menjatuhkan pilihan untuk bergabung dengan Kabau Sirah musim depan, terlepas kapan dia akan mulai bergabung dengan tim. Keputusan ini mematahkan niat beberapa tim lain yang juga berniat memboyongnya, yaitu Sriwijaya FC dan Persib Bandung.

Selamat Datang di Ranah Minang, Ferdinand Alfred Sinaga…!!!

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *