Bahas Format Kompetisi, PSSI Akan Adakan Workshop

Jakarta, SPARTACKS Cyber. Salah satu pekerjaan rumah PSSI baru dibawah kepemimpinan Djohar Arifin adalah masalah format kompetisi sepakbola tanah air. Masalah ini timbul setelah diakuinya kompetisi LPI oleh PSSI sesuai permintaan FIFA, yaitu mengakomodir LPI atau membubarkannya. Kebijakan ini didasarkan kepada statuta FIFA dimana hanya diperbolehkan satu kompetisi resmi dalam sebuah federasi anggotanya.

PSSI dalam waktu dekat bakal menggelar workshop pada pekan pertama Agustus untuk menentukan format kompetisi sepakbola di Indonesia pada musim 2011/12. Dikabarkan PSSI ingin menggabungkan Liga Super Indonesia (LSI) dengan Liga Primer Indonesia (LPI). LPI yang sebelumnya sempat dianggap sebagai breakaway league oleh FIFA, saat ini terhenti di putaran pertama. Belum ada kejelasan apakah liga yang diikuti oleh 19 klub ini akan dilanjutkan. Namun konsep penggabungan LSI dan LPI tersebut belum juga menemui titik terang hingga saat ini.

Wakil ketua umum PSSI Farid Rahman mengatakan, selain klub Superliga dan LPI, peserta workshop ini juga akan dihadiri klub-klub Divisi Utama. “Mengenai bagimana format kompetisi musim depan, kami kami menunggu pembicaraan dengan klub-klub nanti. Di workshop nanti semuanya dibahas oleh klub-klub. Jangan sampai kami salah menentukan format kompetisi, karena akan berimbas terhadap jatah Indonesia di kompetisi Asia,” tutur Farid.

Ditambahkan, dalam workshop nanti juga akan datang perwakilan AFC yang kebetulan melakukan verifikasi terhadap klub Superliga, berkaitan dengan jatah Indonesia di Liga Champions Asia.

“Tak hanya AFC, kami juga akan mengundang perwakilan FIFA untuk datang ke workshop, karena nanti AFC akan melaporkan apapun hasilnya ke FIFA. Jadi kenapa tidak kami undang langsung saja FIFA untuk datang juga,” kata Farid.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *