Jatah Pemain Asing ISL akan Dikurangi Menjadi Tiga

Widodo SantosoPadang, SPARTACKS Cyber. Memasuki musim kompetisi Liga Super Indonesia 2011/12, pengurus baru PSSI berencana mengurangi kuota pemain asing untuk masing-masing tim. Hal itu dilakukan untuk menghemat anggaran setiam tim menyusul pelarangan penggunaan APBD untuk operasional klub sepakbola profesional tahun depan. Selain itu kebijakan ini juga untuk mengurangi kesenjangan antara klub kaya dan klub miskin.

Demikian disampaikan oleh Widodo Santoso, salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang juga mantan ketua umum Semen Padang FC. ”Keputusan itu memang sedang digodok. Tapi kemungkinan besar PSSI bakal menyepakati cukup tiga pemain asing saja di masing-masing klub,” ungkap Widodo, kemarin.

”Agar tidak terjadi ketimpangan antara klub kaya dengan miskin, PSSI mencoba membantu dengan membatasi pemain asing. Sebab, jujur saja, sebagian besar dana klub tersedot oleh pemain asing. Tapi dengan membatasi, paling tidak klub bisa menghemat sampai 30 persen,” tambah mantan Direktur PT. Semen Padang tersebut.

Hal ini mengakibatkan kelima pemain asing Semen Padang FC deg-degan. Pasalnya beberapa waktu yang lalau manajemen Kabau Sirah telah menawarkan perpanjangan kontrak selama dua tahun kepada kelima pemain tersebut. Jika kebijakan ini menjadi ketetapan PSSI maka dipastikan dua diantara kelima pemain tersebut akan didepak dari Bukit Indarung.

Widodo berharap Kabau Sirah lebih berprestasi musim depan.

Sebagai salah satu figur yang turut membesarkan nama Semen Padang FC, Widodo memiliki harapan sendiri walaupun dirinya tidak lagi menjadi bagian dari Kabau Sirah. Ia berharap musim depan SPFC bisa lebih meningkatkan prestasi, yaitu finish dalam urutan 3 besar. ”Sebenarnya peringkat 4 yang kita peroleh musim lalu tidak jelek. Peringkat 1, 2, dan 3  tidak pernah mengalahkan Semen Padang. Tapi kita tentunya tidak boleh puas dengan prestasi itu,” ingatnya.

Harapan tersebut disambut baik oleh Toto Sudibyo, Direktur Produksi PT. Semen Padang. Dia menegaskan kalau perusahaan semen tertua di Indonesia tersebut akan tetap komit mengelola tim SPFC. ”Bahkan, Insya Allah dalam waktu dekat PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) akan didukung sponsor,” kata Toto. Hanya saja, Toto masih merahasiakan nama sponsor itu. Semen Padang FC juga akan melakukan serangkaian ujicoba dalam dan luar negeri.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.