Alfred Riedl Tidak Lagi Melatih Timnas Indonesia

alfred riedlJakarta, SPARTACKS Cyber. Satu lagi gebrakan mengejutkan dilakukan oleh ketua umum baru PSSI, Djohar Arifin Husin. Dalam persiapan yang mepet sebelum laga Pra-Piala Dunia melawan Turkmenistan 23 Juli mendatang, Djohar mendadak memberhentikan Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas dan menggantinya dengan Wim Rijsbergen.

“Kita sudah tidak pakai Riedl lagi sejak besok, karena manajer sudah diganti,” ujar Djohar kepada wartawan di kantornya di kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (13/7/2011).

Alasan utama pemberhentian pelatih yang berhasil membawa Indonesia menjadi Runner-up Piala AFF Desember tahun lalu adalah tidak adanya kejelasan kontrak antara PSSI dan Riedl. Menurut kabar yang beredar pengurusan kontrak pelatih asal Austria tersebut dilakukan secara pribadi oleh Waketum PSSI sebelumnya, Nirwan Bakrie dan bukan atas nama federasi (PSSI, red).

Sebagai pengganti Riedl, PSSI menunjuk Wim Rijsbergen sebagai pelatih kepala, Rahmat Darmawan sebagai asisten, dan Ferry Kodrat sebagai manajer. Rijsbergen sendiri adalah mantan pemain internasional Belanda dan pernah tampil dua kali di piala dunia, yaitu tahun 1974 dan 1978. Dalam dunia kepelatihan ia pernah menjabat sebagai asisten Leo Beenhakker di Piala Dunia 2006, dan menukangi timnas Trinidad & Tobago di tahun 2007. Sedangkan dalam skala klub, Rijsbergen pernah menjadi pelatih tim junior Ajax Amsterdam selama dua tahun. Setelah itu dia beberapa kali berganti-ganti klub dari mulai FC Volendam, NAC Breda dan FC Groningen. Terakhir ia menangani PSM Makassar yang bermain di Liga Primer Indonesia.

”Wim, warga negara Belanda UMA Pro, pelatih Ajax Amsterdam, FC Groningen, NAC Breda, pelatih timnas Trinidad Tobago pada piala dunia 2006. Lahir 18 januari 1952 dia dijadwalkan besok tiba dari Belanda. Jadi dia punya kualitas, dia juga pernah jadi pelatih di Piala Dunia 2006. Tapi ini juga kan untuk sementara, hanya untuk melewati dua pertandingan ini saja,” ujar Bob Hippy, koordinator dari tim nasional.

Riedl sendiri ketika dihubungi wartawan mengaku terkejut, walaupun terlihat menerima pemecatan ini. Ia mengaku belum ada dari pihak pengurus PSSI yang menyampaikan keputusan ini secara langsung kepada dirinya. “Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, mereka bisa memecat saya kapan pun,” kata Riedl.

“Sekarang itu terjadi, sangat mengejutkan. Sekarang ada orang baru yang datang. Oke selamat kepadanya, dan semoga berhasil. Tidak ada masalah bagi saya.” tambahnya.

“Tidak ada yang memberitahukan saya mengenai keputusan ini. Pihak pengurus sampai saat ini tidak pernah menghubungi saya, termasuk dalam menyampaikan keputusan ini,” kata pria Austria yang dikenal punya ekspresi yang dingin dalam tiap kesempatan.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.