Rapor Semen Padang FC Putaran I (SumbarOnline.com)

Tim Semen Padang FC ISL 2010-2011

Oleh : Arief Kamil*

Berstatus sebagai tim promosi Divisi Utama musim lalu yang finish diperingkat ketiga, membuat keberadaan Semen Padang di ISL tidak terlalu mendapat perhatian serius dari para kompetitornya.

Malah banyak yang beranggapan tim yang di danai sepenuhnya oleh BUMN terbesar di Sumbar itu sebagai tim yang hanya numpang lewat dan menjadi bulan-bulanan tim besar yang telah lebih dulu menghuni kasta sepakbola tertinggi di dalam negeri.

Namun kenyataanya? Tim urang awak malah menjelma menjadi tim kuda hitam dan memiliki kans menghuni papan atas di akhir kompetisi nanti. Rekor tak terkalahkan dikandang selama putaran I setidaknya menjadi bukti kualitas Kabau Sirah sesungguhnya.

Hasil bagus juga ditorehkan anak asuhan Nilmaizar ketika berlaga diluar kandang. PSM Makasar dan Persema Malang (yang keduanya telah minggat ke IPL) merupakan bukti dari ketangguhan tim asal ranahminang.

PSM yang digadang-gadangkan bakal merebut tahta juara, dipaksa menyerah 0-1 di stadion andy Matalata. Begitupun Persema, harus takluk 2-3 dari tangan tim tamu, Kabau Sirah.

Jika dilihat dari komposisi pemain, sebenarnya skuat yang dimanejeri Asdian, ST tidaklah terlalu mentereng. Mungkin hanya Samsidar, Saktiawan Sinaga, Ellie Aiboy, Tommi Rifka Putra dan Esteban Vizcarra yang akrab ditelinga publik sepakbola nasional.

Kejelian serta kepiawaian sang suksessor, Nilmaizar dalam meramu pemain ternyata mampu mengangkat sederet nama yang sebelumnya luput dari perhatian. Sebutlah Jandia Eka Putra, kiper muda yang layak berseragam Merah-Putih, Hengky Ardiles, Vendry Mofu, Suheri Daud dan Dedi Hartono yang sebenarnya memiliki potensi untuk bersaing dengan sederet pemain top ISL.

Keberhasilan Semen Padang bertengger di klasemen papan atas putaran I tak lepas dari peran serta kerja sama pengurus, manajemen, pelatih, pemain dan supporter. Situasi tim yang kondusif ditambah lagi dengan komunikasi antar lini yang berjalan baik membuat hubungan kian harmonis di kubu tim urang awak.

Kepiawaian Nil membina hubungan baik dengan pemain berimbas kepada prestasi, meski baru sebatas putaran pertama.

Jika direntang bilangan dari 1 sampa1i 10, penulis tak ragu memberikan nilai 8 untuk prestasi secara tim dalam 14 laga resmi yang telah dijalani SP. Sedangkan untuk Nilmaizar, sebagai pelatih muda yang mulai naik daun dan mampu menggebrak percaturan sepakbola tanah air, nilai 9 pantas disematkan untuknya.

Kriteria penilaian itu berdasarkan pandangan sederhana, karena Nil mampu menciptakan suasana tim yang kondusif, sosok motivator andal bagi anak asuhannya, jeli meracik strategi serta berpedoman kepada posisi SP yang berada pada peringkat 3 besar.

Untuk pemain, hasil penilaiannya mengacu kepada kontribusi, penampilan, totalitas sepanjang pertandingan serta kerjasama. Sedangkan untuk perangkat tim, kepiawaian menjalankan tugas serta peran dibelakang layar menjadi azas penilaian dalam pemberian poin.

Berikut daftar nilai masing-masing pemain dan perangkat tim versi www.Sumbaronline.com.

1. Edward Wilson Junior Nilai 8
2. David Ngan Pagbe Nilai 7,5
3. Park Chul Hyung Nilai 7,5
4. Esteban l Vizcarra Nilai 7,5
5. Yu Hyun Ko Nilai 7,5
6. Jandia Eka Putra Nilai 7,5
7. Ellie Aiboy Nilai 8
8. Saktiawan Sinaga Nilai 7
9. Suheri Daud Nilai 7
10. Hengky Ardiles Nilai 7
11. Vendry R. Mofu Nilai 7,5
12. Tommy Rifka Putra Nilai 7
13. Samsidar Niali 7
14. Dedi Hartono Nilai 7
15. Syafrudin Nilai 6
16. M. Rizal Nilai 6
17. Heru Nerli Nilai 6
18. Anda Hermawan Nilai –
19. Gusripen Efendi Nilai –
20. Budi Kurnia Nilai –
21. M.Fauzan Jamal Nilai –
22. Dicky Jamalis Nilai –
23. Rudi Nilai –

Perangkat TIM

Manajer : Asdian ST   Nilai 8
Asisten Teknik : Delvi Adri   Nilai 7,5
Pelatih Kiper : Zulkarnaen Zakaria     Nilai 8
Pelatih Fisik : Dino Sefrianto       Nilai 8  ***

* Penulis adalah wartawan portal berita www.sumbarONLINE.com

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *