Stadion Gelanggang Olahraga Haji Agus Salim Padang

Saat ini Semen Padang FC bermarkas di Stadion GOR Haji Agus Salim, Padang. Stadion yang terletak di Jalan Rimbo Kaluang, Padang ini merupakan milik Pemerintah Kota Padang. Saat ini GOR HAS digunakan sebagai markas bersama Semen Padang FC (Liga Super Indonesia) dan PSP Padang (Divisi I Liga Indonesia).

Stadion GOR Haji Agus Salim dibangun pada tahun 1985 oleh Pemko Padang sebagai pengganti Stadion Imam Bonjol yang sekarang menjadi taman kota (alun-alun). Stadion ini memiliki kapasitas 28.000 tempat duduk, dan memiliki tribun tertutup di sektor barat. Penerangan stadion cukup layak sehingga bisa menggelar pertandingan pada malam hari.

Pada tanggal 30 September 2009 terjadi gempa yang mengguncang Kota Padang dan merusak hampir keseluruhan dasilitas stadion. Beberapa fasilitas penunjang pertandingan tak luput seperti gangguan koneksi pada penerangan, ruang ganti pemain yang rusak, dan lapangan yang retak dan gersang mengakibatkan Stadion ini tak layak pakai.Kemudian, PT Semen Padang dengan persetujuan Pemko Padang merenovasi stadion terbesar di Sumatera Barat ini sehingga layak untuk menggelar laga Liga Super Indonesia. Perbaikan yang dilakukan diantaranya penanaman rumput, perbaikan drainase, perbaikan pagar, ruang ganti pemain, penambahan kamar mandi dan toilet, perbaikan ruangan wasit dan ruangan pers, lantainya dikeramik, hingga pemasangan lampu stadion.

Mulai musim kompetisi 2010/2011 akhirnya Semen Padang FC bisa kembali lagi bermarkas di Stadion GOR HAS, setelah sebelumnya selama lebih dari setahun “mengungsi” ke stadion M. Yamin, Sijunjung. Pindahnya markas Semen Padang FC karena ada teguran dari Badan Liga Sepak Bola Indonesia pada 17 Oktober 2008 tentang kondisi fasilitas Stadion Agus Salim yang di bawah standar akibat kurang dirawat. Di antaranya lapangan yang gundul, ruang ganti pemain tanpa kamar mandi dan toilet,serta ruang wasit yang tidak memadai. Akibatnya PS Semen Padang pindah markas ke Sijunjung dan sepi pemberitaan.

Nama Lengkap: Stadion Gelanggang Olahraga Haji Agus Salim
Lokasi: Kota Padang, Sumatera Barat
Dibangun: 1985
Renovasi: 2009-2010
Kapasitas: 10.000 penonton
Tipe: Stadion Sepakbola Lama
Pemilik: Pemerintah Kota Padang
Permukaan: Rumput

3 tanggapan untuk “Stadion Gelanggang Olahraga Haji Agus Salim Padang

  • 21 Februari 2014 pada 21:59
    Permalink

    kapan bikin stadion baru yrang awak ko?

    Balas
    • 21 Februari 2014 pada 22:01
      Permalink

      stadion baru semen padang di mana ntar?

      Balas
  • 10 April 2014 pada 13:32
    Permalink

    Sanak Stadion baru ka di bangun di lubuk alung tanggal bara tu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *