David Pagbe: Totalitas Tanpa Batas Untuk Semen Padang FC

David Ngan Pagbe, memang sudah menjadi salah satu “incaran” manajemen Semen Padang FC ketika mempersiapkan diri mengarungi musim pertamanya di Liga Super Indonesia, kompetisi sepakbola kasta tertinggi negeri ini. Sebelumnya, pemain yang berposisi sebagai center back asal Kamerun ini belum terlalu terdengar di Indonesia apalagi di Ranah Minang.

Wajar saja karena pria kelahiran 18 Oktober 1978 baru dua musim beredar di Indonesia. Itupun hanya memperkuat tim Divisi Utama, Persikabo Bogor. Disamping usianya yang bisa dikatakan sudah tidak muda lagi.

David Ngan Pagbe (Foto: Harian Singgalang)

Diakui memang di awal musim nama David Pagbe belum begitu mendapat perhatian dari pendukung Kabau Sirah. Bahkan sikap pesimistis pernah ditunjukan karena kepadanya karena peran yang akan dilakoni Pagbe cukup berat, yaitu sebagai pengganti Claudio “Toyo” Antonio, yang telah terlanjur menjadi idola urang awak, berkat kontribusinya yang luar biasa meloloskan SPFC ke Liga Super Indonesia. Tapi pelatih Nil Maizar punya pandangan lain, dia berani menepikan Toyo agar Pagbe bisa masuk.

Seiring berjalannya waktu, Pagbe berhasil menunjukan kalau pandangan Nil Maizar benar. Dia mampu menprlihatkan kalau dirinya bisa menjadi palang pintu yang tangguh. Kehadirannya telah membuat pertahanan “Kabau Sirah” menjadi kokoh dan sulit ditembus lawan. Visi bermain yang sangat baik, ditambah fisik prima, dan totalitas dalam bermain, membuat Pagbe tak tergantikan di starting XI.

“Dia pemain yang sangat profesional, tidak hanya di lapangan, tapi juga diluar lapangan. Dia bukan tipikal pemain yang suka membuat masalah atau berhura-hura. Dia disini hanya untuk berlatih dan bermain.” komentar pelatih Nil Maizar tentang pemain dengan postur 185 cm itu.

Dengat totalitas seperti itu, tidak mengherankan jika Pagbe menjadi pemain dengan “minutes play” tertinggi di Semen Padang, dengan porsentase 100 persen. Karena selama 26 pertandingan yang sudah diselesaikan Semen Padang, Pagbe tak pernah absen dan selalu turun selama 90 menit. “Itu salah satu bukti kontribusi besar dan sikap profesional Pagbe dalam tim.” ungkap Nil tentang pemain yang selama kiprahnya di Liga Super Indonesia bersama SPFC, belum pernah dihadiahi kartu oleh wasit.

Selain tangguh, Pagbe juga mempunyai kelebihan dalam duel bola-bola udara, cermat membaca setiap arah bola dan mempunyai tekel yang bersih, sehingga dia nyaris selalu mampu mengantisipasi setiap serangan lawan. Bahkan sang pelatih berani memberikan garansi kalau Pagbe adalah salah satu yang terbaik di kompetisi ini, dalam soal duel satu lawan satu dengan striker lawan.

Satu lagi yang membuat pria yang mempunyai istri warga negara Malaysia ini adalah begitu berharga dimata Nil Maizar adalah, mampu mencetak gol-gol penting bagi timnya. Untuk ukuran seorang pemain belakang, empat gol yang disumbangkan adalah sesuatu yang cukup istimewa. Apalagi gol-gol itu adalah gol krusial yang memberikan angka pada Semen Padang.

Lihat saja, satu gol tunggal yang dicateak Pagbe ketika Semen Padang FC meraih kemenangan tipis terhadap PSPS di Agus Salim. Kemudian gol pada saat mengamankan tiga poin SPFC pada saat melawan Persiba yang berakhir 2-1 yang juga terjadi di Padang. Dua gol lainnya adalah ketika Pagbe menyelamatkan muka Kabau Sirah dengan menahan imbang Persib 1-1 di Bandung, serta tambahan 1 gol pada saat SPFC menang 2-0 melawan Arema Indonesia.

Itulah sebabnya Pagbe pantas masuk salah satu nominasi pemain All Star dalam laga Perang Bintang ISL 2011. Kontrak baru pun telah disiapkan oleh manajemen Semen Padang FC untuk mempertahankan Pagbe tetap di Bukit Indarung musim depan, dan telah siap untuk ditanda-tangani.

“Belum pernah saya melihat pemain asing di SP yang seperti Pagbe. Kontribusi dan kehadirannya memberi dampak sangat positif bagi tim. Tidak hanya di lapangan, tapi juga diluar lapangan Saya harap dia masih bersama kita musim depan,” kata Direktur Teknik PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Toto Sudibyo, seperti yang dikutip dari goal.com Indonesia.

Rieko SP

Aku hanya seorang suporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.